PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA PROGRAM TARBIYAH ISLAMIYAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU (SMAIT) WAHDAH ISLAMIYAH PALOPO

RACHMAN, ANITA (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA PROGRAM TARBIYAH ISLAMIYAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU (SMAIT) WAHDAH ISLAMIYAH PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ANITA RACHMAN.pdf] Text
ANITA RACHMAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Anita Rachman,2023. “Pengembangan Modul Pembelajaran pada Program
Tarbiyah Islamiyah di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT)
Wahdah Islamiyah Palopo”. Tesis Program Studi Pendidikan Agama
Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Dibimbing oleh Prof. Dr. Sahraini,M.Hum. dan Dr. Kartini,M.Pd.
Tesis ini membahas tentang Pengembangan Modul Pembelajaran pada
Program Tarbiyah Islamiyah di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT)
Wahdah Islamiyah Palopo. Tujuan dari penelitian penulis ini adalah untuk
menghasilkan suatu produk berupa modul pembelajaran pada program tarbiyah
Islam di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Wahdah Islamiyah
Palopo.
Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (RandD).
Penelitian ini mengembangkan produk eksisting yaitu mawad (seperangkat
kumpulan materi tarbiyah) yang digunakan murabbi/murabbiyah pada program
tarbiyah Islam SMAIT Wahdah Islamiyah Palopo. Subyek pada penelitian ini
adalah murabbi dan murabbiyah di SMAIT Wahdah Islamiyah Palopo yang
berjumlah tiga orang (satu murabbi dan dua murabbiyah) serta kelas X SMAIT
Wahdah Islamiyah akan berjumlah 31 orang, kelas XI yang berjumlah 25 orang
dan kelas XII yang berjumlah 21 orang. Objek penelitiannya adalah mawad
(kumpulan bahan) tarbiyah Islamiyah marhalah ta'rif 1. Adapun cara yang
dikerjakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data diantaranya;
observasi/pengamatan, wawancara, studi literatur, lembar kuesioner dan
dokumentasi. Teknik kuantitatif analisis ini dipakai untuk menganalisis data
penelitian kali ini yang menyajikan hasil pengembangan produk berupa modul
tarbiyah marhalah ta'rif 1. Data diperoleh dari instrumen/alat penelitian yang
diperoleh melalui validasi oleh tiga orang ahli dan angket jawaban guru dan siswa
SMAIT Wahdah Islamiyah Palopo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul tarbiyah Islam
dinyatakan valid berdasarkan validasi ahli desain modul dengan skala layak 80%,
hasil validasi ahli materi dengan skala layak 80%, dan hasil validasi ahli desain
grafis dengan skala layak 72,8%. Produk pengembangan modul tarbiyah Islam
dinyatakan efisien berdasarkan hasil validasi guru sebesar 96% dengan skala
sangat layak. Produk pengembangan modul tarbiyah islami dinyatakan efektif
berdasarkan hasil observasi respon siswa dengan skala 93,3% dengan skala sangat
layak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:00
Last Modified: 08 Jun 2023 07:00
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6540

Actions (login required)

View Item View Item