SEMBONG, MILA (2022) STRATEGI GURU PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK MULIA PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH PESANTREN PEMBANGUNAN MUHAMMADIYAH TANA TORAJA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
MILA SEMBONG.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Mila Sembong, 2022. “Strategi Guru Pada Pembelajaran Akidah Akhlak dalam
Membina Akhlak Mulia Peserta Didik di Madrasah Aliyah Pesantren
Pembangunan Muhammadiyah Tana Toraja.” Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan,
xxii
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Syamsu
Sanusi dan Sudirman.
Skripsi ini bertujuan: 1). Untuk mengetahui bagaimana akhlak peserta
didik di Madrasah Aliyah Pesantren Pembangunan Muhamadiyah Tana Toraja, 2).
Untuk mengetahui Bagaimana strategi pembelajaran guru akidah akhlak dalam
membina akhlak mulia peserta didik di Madrasah Aliyah Pesantren Pembangunan
Muhammadiyah Tana Toraja. 3). Untuk mengetahui Apa faktor pendukung dan
penghambat guru akidah akhlak dalam membina akhlak mulia peserta didik di
Madrasah Aliyah Pesantren Pembangunan Muhammadiya Tana Toraja. Penelitian
ini merupakan penelitian kualitaitif deskriptif. Penelitian dilakukan di Madrasah
Aliyah Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Tana Toraja pada bulan maret�april 2022. Subjek penelitian ini adalah kepalah sekolah dan guru akidah akhlak.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,wawancara,
dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan
tringulasi sumber. Selanjutnya analisis data yang digunakan yaitu: reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1).
akhlak peserta didik di madrasah itu belum cukup baik, melihat kejadian itu
dalam membina akhlak mulia peserta didik di madrasah ini perlu diadakannya
suatu pelaksanaan kebijakan dan program serta pembiasaan, 2). Strategi
pembelajaran disini guru menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dalam
membina akhlak setiap peserta didik dengan metode nasehat, ceramah,
keteladanan, pembiasaan serta wejangan yang baik. 3). Faktor pendukungnya
terdiri dari kebijakan dan program, sarana dan prasarana, dukungan para alumni.
Adapun faktor penghambatnya yakni kurangnya jam pelajaran, serta kurangnya
partisipasi orang tua kepada peserta didik.
Kata kunci: Strategi pembelajran, akhlak mulia, peserta didik, Madrasah Aliyah
Pesantren pembangunan Muhammadiyah Tana Toraja.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 02:03 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 02:03 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6548 |
Actions (login required)
View Item |