Abu Bakar, Muh. Tasdiq (2010) KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK PADA SMP NEGERI 2 BAEBUNTA KEC. BAEBUNTA KAB. LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Muh. Tasdiq Abu Bakar.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Abu Bakar, Tasdiq, Muh., 2010. “Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Pembinaan Akhlak Peserta Didik pada SMP Negeri 2 Baebunta Kec.
Baebunta Kab. Luwu Utara”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Jurusan Tarbiyah. Pembimbing I Sukirman Nurdjan, S.S., M.Pd. dan
Pembimbing II Dra. Hj. Nuryani, M.A.
Kata Kunci: Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam, Pembinaan Akhlak,
SMP Negeri 2 Baebunta
Skripsi ini membahas tentang kemampuan guru PAI dalam pembinaan
akhlak peserta didik pada SMP Negeri 2 Baebunta Kec. Baebunta Kab. Luwu Utara.
Dan hasil penelitian yang penulis peroleh bahwa dalam proses untuk memulihkan
beberapa penyelewengan dari berbagai macam pelanggaran akhlak yakni 1)
Keburukan akhlak yang timbul karena ketidaksanggupan sesorang mengendalikan
nafsunya. 2) Perbuatan yang diketahui keburukannya, tetapi ia tidak bisa
meninggalkannya karena nafsunya sudah menguasai dirinya. 3) Keburukan akhlak
yang dilakukan oleh seseorang, karena pengertian baik bagi dirinya sudah kabur,
sehingga perbuatan buruklah yang dianggapnya baik. 4) Perbuatan buruk yang sangat
berbahaya terhadap masyarakat pada umumnya, sedangkan tidak ada tanda-tanda
kesadaran bagi pelakunya, kecuali hanya kekuatiran akan menimbulkan pengorbanan
yang lebih hebat lagi.
Meningkatkan kesadaran anak untuk mempelajari agama Islam secara benar
dan mendalam. Anak didik dapat mempelajari Pendidikan Agama Islam secara
mendalam. Anak didik sudah dapat membaca, menulis dan menerjemahkan Al�Qur’an sesuai dengan yang diajarkan, dapat membentuk pribadi anak didik dengan
akhlak yang mulia, terpuji, dan bertaqwa kepada Allah swt.
Pendidikan Agama Islam mendidik setiap individu berjiwa suci dan bersih.
Dengan jiwa yang suci dan bersih, setiap individu akan hidup dalam ketenangan
bersama Allah, teman, keluarga, masyarakat, dan semua umat manusia di muka bumi.
Berdasarkan data tersebut, maka dikemukakan bahwa guru Pendidikan Agama Islam
mampu memberikan pengaruh terhadap pembinaan akhlaq anak didik, dalam
pengertian sikap dan tingkah laku guru Pendidikan Agama Islam harus
mencerminkan perilaku sesuai dengan ajaran agama Islam. Pentingnya figur dan
keteladanan pendidik, karena kurikulum pendidikan telah dibuat dengan rancangan
yang jelas bagi perkembangan manusia melalui sistematisasinya, bakat, psikologi,
emosi, mental, dan potensi manusia.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 07:44 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 07:44 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6564 |
Actions (login required)
View Item |