Nurhaeda, Nurhaeda (2010) METODE PEMBELAJARAN GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SDN No. 377 KAMPUNG BARU DI KECAMATAN LAMASI KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Nurhaeda.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Skripsi, Nurhaeda, 2010. Metode Pembejaran Guru Dalam Proses Belajar
Mengajar Pendidikan Agama Islam pada SDN No. 377 Kampung Baru
Kec. Lamasi Kab. Luwu. Pembimbing (I) Drs. Amir Mula, M.Pd.I dan
(II). Drs. Mardi Takwim, M.HI
Kata Kunci : Metode, Pembelajaran Guru, Pendidikan Agama Islam,
PeneIitan ini bertolak dari tiga permasalahan sebagai berikut: 1).
Keterampilan apa yang dimiliki oleh guru Agma Islam di SDN 377 Kampung Baru,
2). Upaya pengembangan pengajaran pendidikan agama Islam yang dilaksanakan
oleh guru agama Islam di SDN 377 Kampung Baru, 3). Faktor- faktor apa yang
menghambat dan mendukung pengembangan pengajaran pendidikan Agama di SDN
Kmapung Baru.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yatu metode observasi,
angket, wawancara dan, metode dokumentasi, Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa dan guru.
Hasil panelitian menunjukkan bahwa 1). Keterampilan yang dimiliki oleh
guru agama Islam di SDN 377 Kammpung Baru adalah metode bertanya,
Keterampilan penguasaan bahan keterampilan memberi penguatan dan keterampilan
dalam mendidik, 2 pengembangan materi pendidikan agama Islam dan sedikit
perubahan dari kurikulum yang dipergunakan, 3). Faktor- faktor yang dapat
mempengaruhi pengembangan pengajaran pendidikan agama Islam adalah
terbatasnya sarana dan prasarana sekolah, kemampuan guru dan alat - alat bantu
mengajar.
Dari pembahasan yang telah dikemukakan dalam bab pembahasan dalam
skripsi ini dapatlah ditarik kesimpulan bahwa untuk tercapainya tujuan pendidikan
yang diharapkan, maka guru agama Islam di di SDN 377 Kampung Baru berusaha
menemukan jalan keluar setiap masalah yang dihadapi. Usaha - usaha inilah yang
merupakan bagian dan ketetampilan guru agama Islam dengan adanya keterampilan
yang seperti itu maka dapat menimbulkan motivasi siswa atau anak didik untuk
belajar. Karena memang guru juga sebagal motivator dalam keseluruhan belajar
mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 05:57 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 05:57 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6571 |
Actions (login required)
View Item |