Ukkas, Rusmi (2010) KETERAMPILAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 135 RAMPOANG KEC. MALANGKE KAB. LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Rusmi Ukkas.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Rusmi Ukkas, 2010. Keterampilan Guru dalam Mengembangkan Pengajaran
Pendidikan Agama Islam di SDN 135 Rampoang Kab. Luwu Utara.
Pembimbing (I). Drs. Hasbi, M.Ag., (II). Kaharuddin, M.Pd.
Kata Kunci : Keterampilan Guru dalam Mengembangkan Mengajaran Pendidikan
Agama Islam
Penelitian ini bertolak dari tiga permasalahan sebagai berikut : 1).
Keterampilan apa yang dimiliki oleh guru Agma Islam di SDN 135 Rampoang, 2).
Upaya pengembangan pengajaran pendidikan agama Islam yang dilaksanakan oleh
guru agama Islam di SDN 135 Rampoang, 3). Faktor-faktor apa yang menghambat
dan mendukung pengembangan pengajaran pendidikan Agama di SDN 135
Rampoang.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode observasi,
angket, wawancara dan, metode dokumentasi, populasi dalam penelitian ini adalah
siswa dan guru.
Hasil panelitian menunjukkan bahwa 1). Keterampilan yang dimiliki oleh
guru agama Islam di SDN 135 Rampoang adalah keterampilan bertanya,
Keterampilan penguasaan bahan keterampilan memberi penguatan dan keterampilan
dalam mendidik, 2). Upaya pengembangan pengajaran pendidikan agama Islam
dilaksanakan oleh guru agama Islam di SDN 135 Rampoang yaitu diadakannya
pengembangan materi pendidikan agama Islam dan sedikit, perubahan dari kurikulum
yang dipergunakan, 3). Faktor- faktor yang dapat mempengaruhi pengembangan
pengajaran pendidikan agama Islam adalah terbatasnya sarana dan prasarana sekolah,
kemampuan guru dan alat - alat bantu mengajar.
Dari pembahasan yang telah dikemukakan dalam bab pembahasan dalam
skripsi ini dapatlah ditarik kesimpulan bahwa untuk tercapainya tujuan pendidikan
yang diharapkan, maka guru agama Islam di di SDN 135 Rampoang berusaha
menemukan jalan keluar setiap masalah yang dihadapi. Usaha - usaha inilah yang
merupakan bagian dan ketetampilan guru agama Islam dengan adanya keterampilan
yang seperti itu maka dapat menimbulkan motivasi siswa atau anak didik untuk
belajar. Karena memang guru juga sebagai motivator dalam keseluruhan belajar
mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 06:24 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 06:24 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6574 |
Actions (login required)
View Item |