Kotijah, ST. (2010) HUBUNGAN ANTARA KINERJA GURU DAN PRESTASI MURID PADA MTS AS ADIYAH SUMBER WANGI KEC. MAPPEDECENG KAB. LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ST. Kotijah.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Kotijah, ST., 2010. “Hubungan Antara Kinerja Guru dan Prestasi Murid pada MTs
As Adiyah Sumber Wangi Kec. Mappedeceng Kab. Luwu Utara”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah. Pembimbing (I)
Dra.Hj. Nahariah Rumpa, M.Pd.I. dan Pembimbing (II) Ahmad Syarief
Iskandar, SE.,MM.
Kata Kunci: Kinerja Guru, Prestasi Murid, MTs As Adiyah Sumber Wangi
Skripsi ini membahas tentang hubungan antara kinerja guru dan prestasi
murid pada MTs As Adiyah Sumber Wangi Kec. Mappedeceng Kab. Luwu Utara
dimana penelitian ini memadukan berbagai macam metode dengan menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif dan pada saat penelitian dilakukan para responden
yang memiliki persepsi, penghayatan, pengalaman dan penilaian tertentu serta
merefleksikan persepsi tersebut terhadap semua aspek kegiatan dan keadaan di
sekolah tersebut.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data sebagai alternatif
jawaban dari objek yang dikaji, yakni 1). Observasi, atau kegiatan yang dilakukan
penulis mengadakan pengamatan langsung terhadap obyek penelitian untuk
memperoleh informasi dan data yang akurat tentang hal-hal yang diteliti dengan
kenyataan yang ada. 2) Wawancara, atau suatu instrumen penelitian melalui
pendekatan individu, berupa tanya jawab langsung terhadap beberapa informan yang
dianggap dapat memberikan jawaban yang akurat serta sistematis, yang berkaitan
dengan permasalahan penelitian. 3) Angket, dimana penulis menyiapkan daftar
pertanyaan yang diberikan kepada semua responden yang nantinya menghasilkan
jawaban yang nantinya menjadi dasar dari penelitian. 4) Dokumentasi, atau
pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dengan cara terjun langsung ke
lapangan guna mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan permasalahan
penelitian ini. Kemudian selanjutnya keseluruhan data tersebut dianalisis secara
kualitatif yaitu data yang dikumpulkan dan diolah secara kualitatif dengan
menggunakan tabel-tabel sederhana kemudian hasil olahan tersebut dijadikan acuan
dasar untuk menganalisa secara kualitatif terhadap suatu permasalahan yang telah
dirumuskan sebelumnya dan memberikan gambaran mengenai hubungan antara
kinerja guru dengan prestasi murid dan hasil analisis berbentuk tabel frekuensi dan
tabel persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar murid adalah hasil yang
dicapai oleh murid dalam proses belajar mengajar berupa angka nilai yang diberikan
oleh guru setelah diadakan evaluasi, namun perlu diketahui bahwa dalam rangka
memberikan nilai atau menentukan nilai akhir kepada murid ada dua bentuk penilaian
yang diberikan, yaitu penilaian dalam bentuk tes formatif dan penilaian dalam bentuk
tes sumatif, sebab peran dan tanggung jawab guru jika dihubungkan dengan tugas
profesionalnya sebagai pengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 06:43 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 06:43 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6576 |
Actions (login required)
View Item |