Nur AN, A. Zakiah (2014) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
A. Zakiah Nur An.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
A. Zakiah Nur AN, 2014 “Efektifitas Pembelajaran dengan Menggunakan
Pendekatan Konstruktivisme terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
Kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo”, Skripsi, Program Studi Pendidikan
Matematika, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
(STAIN) Palopo. Pembimbing (1) Dr.H.Hisban Thaha, M.Ag.,
Pembimbing (2) Alia Lestari, M.Si.
Kata Kunci: Efektifitas, Pendekatan Konstruktivisme , Hasil Belajar
Matematika.
Permasalahan pokok dalam penelitian ini yaitu (1). Bagaimana hasil
belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan
konstruktivisme siswa kelas VIII SMP Negeri 8 palopo? (2). Bagaimana hasil
belajar matematika siswa yang diajar tanpa menggunakan pendekatan
konstruktivisme siswa kelas VIII SMP Negeri 8 palopo? (3). Apakah
penggunaan pendekatan konstruktivisme efektif terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 palopo?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang berdesain “Two
group pretest postes design” yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen
dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar dengan pendekatan pembelajaran
konstruktivisme dan kelas kontrol diajar dengan pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8
Palopo yang jumlahnya 282 orang yang tersebar dalam 9 kelas paralel. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah Clauster Random Sampling
sehingga terpilih dua kelas yang menjadi sampel yaitu kelas VIII.7 sebagai
kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa dan kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen
dengan jumlah 32 siswa. Cara pengambilan data yaitu menggunakan lembar
observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan
Independent Sample t-test.
Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai siswa sebelum perlakuan
untuk kelas eksperimen sebesar 41,97 dan untuk kelas kontrol sebesar 43,44.
Dari hasil uji statistik z diperoleh z hitung = -0,43 dengan taraf signifikan 5%
diperoleh z tabel = -1,96, diperoleh –z hitung > -z tabel maka H0 diterima, artinya
tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas. Rata-rata nilai
siswa setelah perlakuan untuk kelas eksperimen sebesar 75,69 dan untuk kelas
kontrol sebesar 70,48. Dari hasil uji statistik z diperoleh ������� = 2,156, dengan
taraf signifikan 5% dan ��
�� = 1,645. Jadi ������� > ��
��, maka Ho ditolak
dan H1 diterima.
Hasil observasi sikap sosial siswa diperoleh rata-rata sebesar 2,78 yang
termasuk dalam kategori “Baik”. Sedangkan hasil observasi sikap spiritual
siswa diperoleh rata-rata sebesar 2,74 yang termasuk dalam kategori “Baik”.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan konstruktivisme efektif dalam
meningkatkan hasil belajar matematika
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 00:29 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 00:29 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6585 |
Actions (login required)
View Item |