Ahmad, Ahmad (2014) EFEKTIVITAS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PALOPO TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Ahmad.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ahmad, 2014 “Efektivitas Pendekatan Matematika Realistik dalam Mengatasi
Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri
(MAN) Palopo Tahun Ajaran 2012/2013”, Skripsi, Program Studi Pendidikan
Matematika, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)
Palopo. Pembimbing (1) Drs. Nurdin Kaso, M.Pd., (2) Nursupiamin, S.Pd.,
M.Si.
Kata Kunci: Teknik Mengajar, Prestasi Belajar Siswa dan PAI
Permasalahan pokok penelitian ini adalah tentang efektivitas pendekatan
matematika realistik dalam mengatasi kesulitan belajar matematika. Adapun sub
pokok masalahnya adalah: 1.Bagaimana gambaran kesulitan belajar siswa dalam
mata pelajaran matematika di MAN Palopo? 2.Faktor- faktor apa sajakah yang
menjadi penyebab kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika di MAN
Palopo? 3.Apakah pendekatan matematika realistik efektif dalam mengatasi kesulitan
belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika di MAN Palopo?
Penelitian ini bertujuan: 1.Untuk mengetahui gambaran kesulitan belajar siswa
dalam mata pelajaran matematika, 2.Untuk memperoleh gambaran tentang faktor�faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran
matematika, 3.Untuk mengetahui efektivitas pendekatan matematika realistik dalam
mengatasi kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika di MAN Palopo.
Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer berupa aktivitas, partisipasi dan
hasil belajar siswa. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode eksperimen,
dengan populasi seluruh siswa di kelas X MAN Palopo sebanyak 128 orang dan
sampelnya adalah siswa kelas X-B sebagai kelas eksperimen dan kelas X-F sebagai
kelas kontrol dengan jumlah siswa masing- masing 21 orang. Pengolahan data
dilakukan secara (1) statistik deskriptif untuk menggambarkan kesulitan belajar
matematika siswa sebelum dan sesudah penerapan pendekatan matematika realistik,
dan (2) statistik inferensial untuk uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penerapan pendekatan matematika
realistik keaktifan siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan
disetiap pertemuan dibandingkan kelas kontrol, dengan nilai rata rata 83,24.
Sementara keaktifan siswa kelas kontrol cenderung stabil tak ada peningkatan yang
berarti, dengan nilai rata rata 73,95. Sedangkan dari hasil penghitungan statistik
inferensial diperoleh thitung > ttabel yang menyebabkan H0 ditolak dan H1 diterima. Hal
ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik dalam proses
pembelajaran ternyata efektif dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa
kelas X MAN Palopo
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 00:33 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 00:33 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6586 |
Actions (login required)
View Item |