Suendah, Asih (2014) KONTRIBUSI PEMANFAATAAN SARANA BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Asih Suendah.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nama : Asih Suendah
NIM : 09. 16. 12. 0068
Judul : Kontribusi Pemanfaatan Sarana Belajar di Sekolah Terhadap Hasil
Belajar Matematika Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri
(MAN) Palopo
Skripsi ini membahas tentang: 1. Bagaimana deskripsi pemanfaatan sarana
belajar matematika siswa kelas X MAN Palopo? 2. Bagaimana deskripsi hasil belajar
matematika siswa kelas X MAN Palopo? 3. Adakah kontribusi positif pemanfaatan
sarana belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MAN Palopo?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Ex�Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Palopo
tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 6 kelas dan berjumlah 145 siswa. Sedangkan
jumlah sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah angket dan dokumentasi. Pemanfaatan sarana belajar diperoleh
melalui metode penyebaran angket sedangkan nilai hasil belajar matematika
diperoleh berdasarkan dokumentasi nilai MID siswa pada semester ganjil tahun
ajaran 2013/2014. Teknik analisis data yang digunakan ada dua macam yaitu teknik
analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarana belajar matematika yang tersedia
di MAN Palopo telah dimanfaatkan oleh siswa dan hasil belajar matematika siswa
berada pada kategori baik. Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu ada kontribusi
pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas
X MAN Palopo.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 00:47 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 00:47 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6589 |
Actions (login required)
View Item |