Lolo, Darni Dg (2014) PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI XI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
![[thumbnail of Darni Dg. Lolo.pdf]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
Darni Dg. Lolo.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK 
DARNI DG. LOLO, 2014. Pengeruh Pendekatan Keterampilan Metakognitif Terhadap 
Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri XI Palopo. 
Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan tarbiyah. 
Pembimbing (I) Drs. Syamsu Sanusi, M.Pd.I. Pembimbing (II) 
Alia Lestari, M.Si. 
Kata Kunci : Pengaruh, Pendekatan Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar 
Matematika 
Skripsi ini membahas tentang (1) Bagaimana gambaran hasil belajar matematika 
siswa kelas VIII SMP Negeri XI Palopo yang tidak diajar dengan pendekatan keterampilan 
metakognitif? (2) Bagaimana gambaran hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP 
Negeri XI Palopo yang diajar dengan pendekatan keterampilan metakognitif? (3) Apakah 
keterampilan metakognitif berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII 
SMP Negeri XI Palopo?. 
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk melihat apakah 
ada perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri XI Palopo yang tidak 
diajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri XI Palopo yang diajar. 
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri XI Palopo tahun 
ajaran 2013/2014 yang terbagi dalam 2 rombel yaitu kelas VIIIA Dan kelas VIIIB. Teknik 
pengabilan sampel yang digunakan sampling jenuh. Data yang diperoleh kemudian diolah 
dengan analisis deksriptif. 
Berdasarkan hasil penelitian, data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif. 
menunjukkan bahwa hasil bealajar matematika siswa setelah memperoleh keterampilan 
metakognitif (kelas eksperimen) menunjukkan hasil yang lebih baik dengan nilai rata-rata 
hasil pre-test sebesar 49,1667 dan nilai rata-rata hasil post-test sebesar 71,3889 
Jadi dapat disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan metakognitif mempunyai 
pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri XI Palopo. Hal ini 
dapat menjadi motivasi bagi siswa siswi untuk tetap meningkatkan pendekatan keterampilan 
metakognitif dan hasil belajar matematika.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika | 
| Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos | 
| Date Deposited: | 13 Jun 2023 00:53 | 
| Last Modified: | 13 Jun 2023 00:53 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6590 | 
