PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI XI PALOPO

Lolo, Darni Dg (2014) PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI XI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Darni Dg. Lolo.pdf] Text
Darni Dg. Lolo.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
DARNI DG. LOLO, 2014. Pengeruh Pendekatan Keterampilan Metakognitif Terhadap
Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri XI Palopo.
Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan tarbiyah.
Pembimbing (I) Drs. Syamsu Sanusi, M.Pd.I. Pembimbing (II)
Alia Lestari, M.Si.
Kata Kunci : Pengaruh, Pendekatan Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar
Matematika
Skripsi ini membahas tentang (1) Bagaimana gambaran hasil belajar matematika
siswa kelas VIII SMP Negeri XI Palopo yang tidak diajar dengan pendekatan keterampilan
metakognitif? (2) Bagaimana gambaran hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP
Negeri XI Palopo yang diajar dengan pendekatan keterampilan metakognitif? (3) Apakah
keterampilan metakognitif berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII
SMP Negeri XI Palopo?.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk melihat apakah
ada perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri XI Palopo yang tidak
diajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri XI Palopo yang diajar.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri XI Palopo tahun
ajaran 2013/2014 yang terbagi dalam 2 rombel yaitu kelas VIIIA Dan kelas VIIIB. Teknik
pengabilan sampel yang digunakan sampling jenuh. Data yang diperoleh kemudian diolah
dengan analisis deksriptif.
Berdasarkan hasil penelitian, data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif.
menunjukkan bahwa hasil bealajar matematika siswa setelah memperoleh keterampilan
metakognitif (kelas eksperimen) menunjukkan hasil yang lebih baik dengan nilai rata-rata
hasil pre-test sebesar 49,1667 dan nilai rata-rata hasil post-test sebesar 71,3889
Jadi dapat disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan metakognitif mempunyai
pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri XI Palopo. Hal ini
dapat menjadi motivasi bagi siswa siswi untuk tetap meningkatkan pendekatan keterampilan
metakognitif dan hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2023 00:53
Last Modified: 13 Jun 2023 00:53
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6590

Actions (login required)

View Item View Item