MENINGKATKAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI INTENSIFIKASI PEMBELAJARAN REMEDIAL TERHADAP SISWA KELAS �� SMA NEGERI 1 MALANGKE BARAT

Pratiwi, Dewi (2014) MENINGKATKAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI INTENSIFIKASI PEMBELAJARAN REMEDIAL TERHADAP SISWA KELAS �� SMA NEGERI 1 MALANGKE BARAT. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Dewi Pratiwi.pdf] Text
Dewi Pratiwi.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Dewi Pratiwi, 2014. “Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Matematika
Melalui Intensifikasi Pembelajaran Remedial Terhadap Siswa Kelas �� SMA
Negeri 1Malangke Barat” Program Studi Matematika, Jurusan Tarbiyah
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri, Pembimbing (I) Drs. M. Amir Mula,
M.Pd.I., Pembimbing (II) Andi Ika Prasasti Abrar, S.Si., M.Pd.
Kata Kunci : Intensifikasi, Ketuntasaan Hasil Belajar, Pembelajaran Remedial.
Skripsi ini membahas tentang pembelajaran remedial untuk meningkatkan
hasil belajar matematika siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Malangke Barat. Penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah
pembelajaran remedial dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X1
SMA Negeri 1 Malangke Barat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMA
Negeri 1 Malangke Barat pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 dengan
jumlah siswa 45 orang.
Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus
dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan tes
hasil belajar, lembar observasi dan wawancara. Data hasil belajar yang terkumpul
dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan data hasil observasi dianalisis
dengan analisis kualitatif. Dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil dari tes
awal siswa memperoleh skor rata-rata sebesar 48,89 atau sebesar 13,33%. Setelah
diadakan pembelajaran remedial hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata
siswa pada siklus I sebesar 68,44 atau sebesar 62,06%. Sedangkan pada siklus II
diperoleh skor rata-rata sebesar 75,33 atau sebesar 90%. Hal ini menunjukkan telah
tercapai hasil belajar siswa secara klasikal.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran
remedial pada siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Malangke Barat meningkat secara
signifikan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2023 01:03
Last Modified: 13 Jun 2023 01:03
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6591

Actions (login required)

View Item View Item