Sari, Dian (2014) STUDI PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG IKUT DAN YANG TIDAK IKUT ORGANISASI EKSTRAKURIKULER DI SMAN 1 WALENRANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Dian Sari.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Dian Sari, 2014. Studi Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Yang
Ikut Organisasi dan Yang Tidak Ikut Organisasi Ekstrakulikuler di
SMA Negeri 1 Walenrang”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Matematika Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
(STAIN) Palopo. (Dibimbing oleh Dr. Abdul Pirol,M.Ag., dan Muh.
Hajarul Aswad A, S.Pd.,M.Si.).
Kata Kunci: Prestasi Belajar Matematika , Organisasi Ektrakulikuler
Penelitian ini merupakan penelitian expostfacto dengan pendekatan kuantitatif
yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Walenrang.
Permasalahan pokok dalam penelitian ini yaitu Bagaimana prestasi belajar
matematika siswa yang ikut dalam organisasi ekstrakulikuler, bagaimana prestasi
belajar matematika siswa yang tidak ikut dalam organisasi ekstrakulikuler, bagaimana
perbandingan tingkat prestasi belajar siswa yang ikut dan yang tidak ikut dalam
organisasi ekstrakulikuler di SMA Negeri 1 Walenrang.
Penelitian bertujuan untuk melihat adanya perbandingan, yakni prestasi belajar
matematika siswa yang ikut dalam organisasi ekstrakulikuler dan yang tidak ikut
dalam organisasi ektrakulikuler. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa
SMA Negeri 1 walenrang tahun ajaran 2013/2014 yang ikut organisasi dan yang tidak
ikut oraganisasi ekstrakulikuler. Teknik pengumpulan data yaitu dalam bentuk
dokumentasi nilai rapor matematika siswa pada semester ganjil TA 20013/2014 dan
lembar absen kehadiran siswa pada kegiatan ekstrakulikuler mulai bulan oktober
2013 s/d bulan januari 2014 Analisis data menggunakan uji statistik inferensial.
Hasil penelitian adalah (1). rata-rata Prestasi belajar matematika siswa yang
ikut organisasi ekstrakurikuler adalah 81,92 (2) rata-rata prestasi belajar matematika
siswa yang tidak ikut organisasi ekstrakurikuler adalah 73,83 (3) prestasi belajar
matematika, siswa yang ikut organisasi ekstrakurikuler lebih baik dibandingkan
dengan prestasi belajar siswa yang tidak ikut organisasi ekstrakurikuler ( μ 2 > μ 1 ).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 01:10 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 01:10 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6592 |
Actions (login required)
View Item |