Firmansyah, Firmansyah (2014) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Firmasyah.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Firmansyah, 2014. Pengaruh Persepsi Siswa mengenai Interaksi Belajar
Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP
Negeri 8 Palopo. (dibimbing oleh Munir Yusuf, S.Ag., M.Pd dan Alia
Lestari, M.Si).
Kata Kunci: Persepsi Siswa Mengenai Interaksi Belajar Mengajar Terhadap
Hasil Belajar Matematika Siswa
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Persepsi Siswa mengenai Interaksi
Belajar Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri
8 Palopo. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui bagaimana persepsi
siswa mengenai interaksi belajar mengajar matematika siswa kelas VIII di SMP
Negeri 8 Palopo, 2) Mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VIII
di SMP Negeri 8 Palopo, 3) Mengetahui bagaimana pengaruh persepsi siswa
mengenai interaksi belajar mengajar terhadap hasil belajar matematika siswa VIII di
SMP Negeri 8 Palopo. Dan hipotesis penelitian ini ada pengaruh signifikan dari
persepsi siswa mengenai interaksi belajar mengajar terhadap hasil belajar matematika
siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo
Jenis penelitian ini adalah Ex-post facto, populasi dalam penelitian ini adalah
kelas VIII SMP Negeri Palopo dengan sampel 30 siswa, instrument yang digunakan
adalah angket untuk pengumpulan data lingkungan sekolah dan dokumentasi untuk
pengumpulan data hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan dua Variabel
yakni Variabel bebas dan Variabel terikat,
Untuk mengolah data hasil penelitian digunakan dua macam teknik statistik
yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil uji hipotesis diperoleh 69
% pengaruh persepsi siswa mengenai interaksi belajar mengajar terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo. Dari hasil penelitian ini dapat
dilihat bahwa Persepsi siswa mengenai interaksi belajar mengajar memiliki pengaruh
dan 31 % dari faktor lain yang memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan ini diharapkan kepada pihak
terkait agar memperhatikan faktor-faktor yang dapat berpengaruh terhadap hasil
belajar matematika siswa utamanya pada proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 01:23 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 01:23 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6593 |
Actions (login required)
View Item |