Isra, Isra (2014) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 365 PADANG CENRANA KEC.BUPON KAB.LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Isra.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Isra, 2014. Efektifitas Penggunaan Modul Berbasis Kontekstual Dalam Menigkatkan
Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN 365 Padang Cenrana Kec.
Bupon Kab. Luwu. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan
Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palopo, dibimbing oleh
Drs.H.M Arief R, M. Pd.I dan A. Ika Prasasti Abrar, S.Si.,M.Pd.
Kata Kunci : efektifitas, modul berbasis kontekstual, hasil belajar matematika.
Permasalahan pokok dalam penelitian ini yaitu 1. Bagaimana hasil belajar
matematika peserta didik kelas III SDN 365 Padang Cenrana yang diajar
menggunakan modul berbasis kontekstual, 2. Bagaimana hasil belajar peserta didik
kelas III SDN 365 padang cenrana yang diajar dengan model pembelajaran biasa
atau konvensional,3. Apakah hasil belajar matematika peserta didik kelas III SDN
365 padang cenrana yang diajar dengan menggunakan modul berbasis kontekstual
lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik yang di ajar dengan pembelajaran
konvensional.
Tujuan pokok dalam penelitian ini yaitu 1. Untuk mengetahui hasil belajar
matematika peserta didik kelas III SDN 356 Padangcenrana Kec. Bupon Kab. Luwu
yang diajar dengan menggunakan modul berbasis kontekstual. 2. Untuk mengetahui
hasil belajar matematika peserta didik kelas III SDN 356 Padang cenrana Kec.
Bupon Kab. Luwu yang diajar dengan model pembelajaran biasa atau konvensional.
3. Untuk mengetahui Apakah hasil belajar matematika peserta didik kelas III SDN
356 Padang cenrana Kec. Bupon Kab. Luwu yang diajar dengan menggunakan
modul berbasis kontekstual lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik yang
diajar dengan konvensional.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu
seluruh siswa kelas III SDN 365 Padang cenrana tahun ajaran 2013/2014. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan sampling jenuh. Cara pengambilan data yaitu
dengan lembar observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan statistik
deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang
mendapat perlakuan berupa modul pada kelas eksperimen menunjukkan hasil yang
lebih baik dengan nilai rata-rata sebesar 74,06 dan nilai rata-rata untuk kelas kontrol
sebesar 65,24. Dengan melihat selisih rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol dan
eksperimen dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar
dengan model pembelajaran dengan Menggunakan Modul Berbasis Kontekstual di
kelas eksperimen lebih baik dari pada peserta didik yang diajar dengan model
pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 02:38 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 02:38 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6599 |
Actions (login required)
View Item |