Jumardin, Jumardin (2014) PENERAPAN METODE KUMON (STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI NKN SMK NEGERI 3 PALOPO). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Jumardin.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Jumardin, 2014, “Penerapan Metode Kumon (Studi Perbandingan Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas XI NKN SMK Negeri 3 Palopo)”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah. Sekolah
Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing (I)
Dr. H. Bulu’ K, M. Ag. Pembimbing (II) Nursupiamin, S.Pd., M.Si.
Kata Kunci : Metode Kumon, Hasil Belajar Matematika.
Skripsi ini membahas tentang (1) bagaimana tingkat hasil belajar matematika
siswa kelas XI NKN SMK Negeri 3 Palopo yang diajar dengan menggunakan metode
Kumon? (2) Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas XI NKN SMK Negeri 3
Palopo yang tidak diajar dengan menggunkan metode Kumon? (3) Apakah hasil
belajar matematika siswa kelas XI NKN SMK Negeri 3 Palopo yang diajar dengan
menggunakan metode Kumon lebih baik dari pada yang tidak diajar dengan
menggunakan metode Kumon?.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk melihat
apakah Apakah hasil belajar matematika siswa kelas XI NKN SMK Negeri 3 Palopo
yang diajar dengan menggunakan metode Kumon lebih baik dari pada yang tidak
diajar dengan menggunakan metode Kumon. Objek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas XI NKN SMK Negeri 3 Palopo, kelas XI NKN A sebagai kelas eksperimen dan
kelas XI NKN B sebagai kelas kontrol.
Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar matematika
siswa yang tidak diajar dengan menggunakan metode Kumon yaitu: (1), untuk pre
test menunjukkan 36,36% siswa mencapai KKM, nilai rata-ratanya adalah 56,36
dengan kategori kurang, varians sebesar 245,45, standar deviasi sebesar 15,67, (2)
untuk post test I menunjukkan 45,45% siswa mencapai KKM, nilai rata-rata sebesar
60,00 dengan kategori kurang, varians sebesar 280 standar deviasi sebesar 16,73, (3)
hasil post test II menunjukkan 54,55% siswa yang mencapai KKM, nilai rata-ratanya
sebesar 64,55 dengan kategori kurang, varians sebesar 207,27, standar deviasi sebesar
14,40.Hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen yang diajar dengan
menggunakan metode Kumon yaitu,(1) hasil pada pre tes tnenunjukkan 35,29% siswa
yang mencapai KKM, nilai rata-ratanya adalah 57,05 dengan kategori kurang, varians
sebesar 322,06, standar deviasi sebesar 17,95, (2) hasil post test I menunjukkan
70,41% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) nilai rata-rata 80,00
dengan kategori Baik, varians sebesar 287,50 dan standar deviasi sebesar 16,96. (3)
hasil post test II menunjukkan 100% siswa mencapai KKM , nilai rata-rata siswa
sebesar 100 dengan kategori Amat Baik. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar
matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode Kumon lebih baik dari
siswa yang tidak diajar dengan menggunakan metode Kumon.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 02:45 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 02:45 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6600 |
Actions (login required)
View Item |