Musdalifah, Musdalifah (2014) Studi Perbandingan Hasil Belajar Matematika Sebelum dan Sesudah Diterapkan Metode Pembelajaran Buzz Group pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Palopo. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Musdalifa.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nama : Musdalifah
Nim : 09.16.12.0095
Judul : Studi Perbandingan Hasil Belajar Matematika Sebelum dan
Sesudah Diterapkan Metode Pembelajaran Buzz Group pada
Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Palopo
Permasalahan pokok pada penelitian ini adalah Apakah ada perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar matematika sebelum dan sesudah diterapkan metode
pembelajaran Buzz Group siswa kelas VII pada SMP Muhammadiyah Palopo?
Adapun sub pokok masalahnya yaitu : 1. Bagaimana hasil belajar matematika siswa
kelas VII SMP Muhammadiyah Palopo sebelum diterapkan metode pembelajaran
Buzz Group? 2. Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah Palopo sesudah diterapkan metode pembelajaran Buzz Group? 3.
Apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika sebelum dan
sesudah diterapkan metode pembelajaran Buzz Group siswa kelas VII pada SMP
Muhammadiyah Palopo?
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah
palopo sebelum dan sesudah diterapkan metode pembelajaran buzz group. Populasi
penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Muhammadiyah palopo tahun
ajaran 2013/2014 sebanyak 34 orang siswa yang tersebar 2 (kelas) dimana kelas VIIa
sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIIb sebagai kelas Kontrol. Data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif.
Berdasarkan pemberian soal pre-test pada kelas Eksperimen sebelum
diterapkan metode pembelajaran buzz group , di peroleh nilai rata-rata 63,47; standar
deviasi 10,73; varians 115.114. Sedangkan pemberian soal post-tes pada kelompok
Eksperimen yang diberikan perlakuan metode pembelajaran Buzz Group diperoleh
nilai rata-rata 74.06; standar deviasi 11,205; varians 125,559. Artinya dari kedua nilai
hasil belajar matematika siswa tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
matematika siswa pada soal pre-test dan post-tes kelompok eksperimen yang telah
diujikan sebelum dan sesudah adanya perlakuan atau diterapkan metode
pembelajaran Buzz Group memiliki perbedaan yang signifikan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 05:39 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 05:39 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6605 |
Actions (login required)
View Item |