Wahyuni, Nida (2014) PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII IPS1 SMA NEGERI 1 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Nida Wahyuni.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
NIDA WAHYUNI. 2014. “Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPS1 SMA Negeri 1 Palopo”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi
Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo, Pembimbing (I) Munir Yusuf,
S. Ag., M. Pd. Pembimbing (II) Muh. Hajarul Aswad A, S. Pd., M.Si.
Kata kunci: Penerapan Metode Drill, Hasil Belajar Siswa.
Skripsi ini membahas tentang metode drill yang diterapkan kepada siswa.
Masalah penelitian ini adalah apakah penerapan metode drill dapat meningkatkan
hasil belajar matematika siswa kelas XII IPS1 SMA Negeri 1 Palopo? Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XII
IPS1 SMA Negeri 1 Palopo setelah diterapkan metode drill. Penelitian ini bermanfaat
untuk menambah wawasan siswa dan guru. Selain itu untuk meningkatkan mutu
pendidikan di sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 2 siklus,
yaitu pada siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan 1 kali tes di akhir siklus, pada
siklus II terdiri dari 3 kali pertemuan dan 1 kali tes di akhir siklus. Subjek dari
penelitian ini adalah siswa XII IPS1 SMA Negeri 1 Palopo, yang berjumlah 29 orang
yaitu 18 orang perempuan dan 11 orang laki-laki. Metode pemecahan masalah yang
digunakan adalah menerapkan pembelajaran metode drill pada pelajaran matematika
pokok bahasan Integral. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dan observasi.
Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan oleh seorang guru dan pengamat.
Keberhasilan penelitian ini ditentukan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu
75 dan secara klasikal 85 %.
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Skor rata�rata tes awal sebesar 62,93 dan secara klasikal mencapai 41 % belum memenuhi
kriteria ketuntasan minimum. Siklus I dengan rata-rata skor observasi sebesar 21,20,
rata-rata skor hasil belajar sebesar 68,62 dan secara klasikal mencapai 48% belum
memenuhi kriteria ketuntasan minimum. Siklus II dengan rata-rata skor observasi
sebesar 26,91, rata-rata skor hasil belajar sebesar 83,62 dan secara klasikal
mencapai 86% sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimum. Dengan demikian
penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil sehingga peneliti merekomendasikan
penerapan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XII
IPS1 SMA Negeri 1 Palopo
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 05:48 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 05:48 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6607 |
Actions (login required)
View Item |