STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO

Pratiwi, Rahayu (2014) STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Rahayu Pratiwi.pdf] Text
Rahayu Pratiwi.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Rahayu Pratiwi, 2014. “Studi Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep
Matematis melalui Model Pembelajaran Generatif Siswa Kelas VIII
SMP Negeri 8 Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Matematika Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
(STAIN) Palopo. (Dibimbing oleh Dra. Nursyamsi, M.Pd.I., dan Andi
Ika Prasasti Abrar, S.Si.,M.Pd.).
Kata Kunci: Studi Perbandingan, Model Pembelajaran Generatif, Kemampuan
Pemahaman Konsep Matematis.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field recearch) dengan desain
eksperimental yang dilaksanakan di SMP Negeri 8 Palopo, Kecamatan Bara, Kota
Palopo.
Permasalahan pokok penelitian ini adalah apakah ada perbedaan kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pengajaran dengan model
pembelajaran generatif dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pengajaran
dengan model pembelajaran konvensional (biasa)? Adapun sub pokok masalahnya
yaitu : 1. Seberapa besar kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas
eksperimen? 2. Seberapa besar kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada
kelas eksperimen? 3. Apakah ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa yang memperoleh pengajaran dengan model pembelajaran generatif
dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pengajaran dengan model pembelajaran
konvensional (biasa)??
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa kelas eksperimen pada pelajaran relasi dan fungsi termasuk dalam
kategori sangat tinggi mencapai 37,5% dengan nilai rata-rata = 71,41 ; standar deviasi
= 13,809 ; variansi = 190,7006 ; skor tertinggi = 95 ; skor terendah = 50 dari skor ideal
100. 2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas kontrol pada pelajaran
relasi dan fungsi termasuk dalam kategori sangat tinggi mencapai 18,75%, dengan nilai
rata-rata = 68,75; standar deviasi = 12,048; variansi = 145,161; skor tertinggi = 95; skor
terendah = 40 dari skor ideal 100. 3) Terdapat perbedaan antara kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran generatif
(eksperimen) dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional/biasa
(kontrol). Hal ini dilihat dari hasil uji-t diperoleh harga thitung = 5,49 dengan taraf
signifikan () = 5% dan (dk) = n -  =  -  = 0 maka diperoleh ttabel = 1,67. Oleh
karena thitung > ttabel dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan
demikian, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan
menggunakan model pembelajaran generatif lebih baik dibandingkan siswa yang diajar
dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:13
Last Modified: 13 Jun 2023 06:13
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6610

Actions (login required)

View Item View Item