Risnawati, Risnawati (2014) PENERAPAN METODE PENULISAN RANGKUMAN MATERI PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIIIA SMP MUHAMMDIYAH PALOPO (STUDI TINDAKAN UNTUK MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Risnawati.pdf Download (877kB) |
Abstract
ABSTRAK
RISNAWATI.,2014., Penerapan Metode Penulisan Rangkuman Materi Pelajaran Teorema
Pythagoras dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIIA SMP
Muhammadiyah Palopo. Program Studi Pendidikan Matematika. Dibawah
bimbingan Dra. Baderiah. M.Ag., dan Nur Rahmah, S.Pd.I., M.Pd.
Kata Kunci: Penerapan Metode Penulisan Rangkuman, Hasil Belajar
Skripsi ini membahas tentang penulisan rangkuman materi pelajaran teorema pythagoras
dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah Palopo.
Penelitian ini adalah tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode
penulisan rangkuman materi dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIA
SMP Muhammadiyah Palopo pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa
21 orang.
Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan
sebanyak 3 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar
dan observasi. Data hasil belajar yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis
kuntitatif dan data hasil observasi dianalisis dengan munggunakan analisi kualitatif. Dari analisis
deskriptif menunjukkan : bahwa hasil dari tes awal siswa memperoleh skor rata-rata siswa 56,66
atau sebesar 28,57%. Setelah penerapan metode penulisan rangkuman hasil penelitian
menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa pada siklus I sebesar 61,66 atau sebesar 42,85%.
Sedang pada siklus II diperoleh skor rata-rata sebesar 75,23 atau sebesar 85,71%. Hal ini
menunjukkan telah tercapai hasil belajar siswa secara klasikal.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya metode
penulisan rangkuman materi pelajaran pada siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah Palopo
dalam proses pembelajaran, maka hasil belajar matematika, kehadiran, dan keaktifan siswa dapat
meningkat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 06:34 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 06:34 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6613 |
Actions (login required)
View Item |