PENERAPAN METODE MIND MAP (PETA PIKIRAN) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDN 56 BULANTUA

Ruhama, Ruhama (2014) PENERAPAN METODE MIND MAP (PETA PIKIRAN) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDN 56 BULANTUA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Ruhama.pdf] Text
Ruhama.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
RUHAMA. 2014. “Penerapan Metode Mind Map (Peta Pikiran) untuk
Meningkatkan Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VI
SDN 56 Bulantua”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah,
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo, Pembimbing (I) Dr. H. Bulu’
K., M.Ag. Pembimbing (II) Andi Ika Prasasti Abrar, S.Si., M.Pd.
Kata Kunci: Penerapan Metode Mind Map, Prestasi Belajar Siswa.
Skripsi ini membahas tentang metode Penerapan Metode Mind Map (Peta
pikiran) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Mtematika
Siswa Kelas VI SDN 56 Bulantua. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Metode Mind Map (Peta
pikiran) dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas VI SDN 56 Bulantua.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 56 Bulantua pada semester genap
tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 25 orang.
Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus
dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan
menggunakan tes hasil belajar, lembar observasi, dan tanggapan siswa. Data hasil
prestasi belajar siswa yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis
kualitatif. Dari analisis deskriptif menunjukkan : bahwa hasil dari tes awal siswa
memperoleh skor rata-rata siswa 53,2 atau sebesar 28%. Setelah penerapan metode
Mind Map (Peta Pikiran) hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa
pada siklus I sebesar 56,2 atau sebesar 40%. Sedang pada siklus II diperoleh skor
rata-rata sebesar 72,8 atau sebesar 88%. Hal ini menunjukkan telah tercapai hasil
prestasi belajar siswa secara klasikal.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya
metode Mind Map (Peta Pikiran) pada siswa kelas VI SDN 56 Bulantua dalam proses
pembelajaran, maka hasil prestasi belajar matematika, kehadiran, kesiapan dan
keaktifan siswa dapat meningkat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:45
Last Modified: 13 Jun 2023 06:45
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6615

Actions (login required)

View Item View Item