Suhaini, Suhaini (2014) ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII5 DAN KELAS VII6 MELALUI PENERAPAN METODE INQUIRI DAN METODE PROBLEM SOLVING DI SMPN 1 BAJO KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Suhaini.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nama : Suhaini
NIM : 09.16.12.0130
Judul : Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII5 dan KelasVII6
Melalui Penerapan Metode Inquiry dan Metode Problem Solving di
SMPN 1 Bajo Kab. Luwu
Sub pokok masalah penelitian ini adalah: 1.Bagaimana hasil belajar matematika
siswa kelas VII melalui penerapan metode Inquiry di SMPN 1 Bajo Kab. Luwu?
2.Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VII melalui penerapan metode
Problem Solving di SMPN 1 Bajo Kab. Luwu? 3.Apakah terdapat perbedaan hasil
belajar matematika siswa melalui penerapan metode Inquiry dan metode Problem
Solving di SMPN 1 Bajo Kab. Luwu? Adapun tujuan penelitian ini: a. Untuk
mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VII melalui penerapan metode
Inquiry di SMPN 1 Bajo Kab. Luwu, b. Untuk mengetahui hasil belajar matematika
siswa kelas VII melalui penerapan metode Problem Solving di SMPN 1 Bajo Kab.
Luwu, c. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa melalui
penerapan metode Inquiry dan metode Problem Solving di SMPN 1 Bajo Kab. Luwu
Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer berupa tes hasil belajar
siswa baik pre-test maupun pos-test. Sedangkan Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen. Berlokasi di SMPN 1 Bajo Kab. Luwu
dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa di kelas VII SMPN 1 Bajo Kab.
Luwu dengan jumlah 232 orang siswa dan sampelnya adalah siswa kelas VII5 yang
diterapkan dengan metode Inquiry dan kelas VII6 yang diterapkan dengan metode
Problem Solving, dengan jumlah siswa masing- masing 34 siswa dan 33 siswa.
Pengolahan data dilakukan secara (1) statistik deskriptif untuk menggambarkan hasil
belajar matematika siswa baik sebelum dan sesudah penerapan metode, dan (2)
statistik inferensial untuk menguji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa setelah
penerapan metode Inquiry mengalami peningkatan yang signifikan dengan nilai rata
rata 78,47. Sementara hasil belajar matematika siswa setelah penerapan metode
Problem Solving, juga mengalami peningkatan dengan nilai rata rata 71,18.
Berdasarkan hasil penghitungan statistik inferensial diperoleh thitung > ttabel yang
menyebabkan H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan antara hasil belajar siswa kelas VII yang diajar dengan metode inquiry dan
metode problem solving di SMPN 1 Bajo Kab. Luwu.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 07:05 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 07:05 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6618 |
Actions (login required)
View Item |