PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COBASI (CONTOH-BAHAS-SIMPULKAN) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIA SMP DATOK SULAIMAN PUTRI PALOPO

Risman, Susiyani (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COBASI (CONTOH-BAHAS-SIMPULKAN) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIA SMP DATOK SULAIMAN PUTRI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Susiyani Risman.pdf] Text
Susiyani Risman.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Susiyani Risman, 2014 “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
COBASI (Contoh – Bahas - Simpulkan) dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa
Kelas VIIA SMP Datok Sulaiman Putri Palopo”
Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan
Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
(STAIN) Palopo. Dibawah Bimbingan (I) Dra. Hj.
A. Riawarda M, M.Ag dan (II) Muh. Hajarul Aswad
A, S.Pd., M.Si.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe COBASI
(Contoh – Bahas - Simpulkan), Hasil Belajar
Matematika.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe COBASI (Contoh–Bahas–Simpulkan) dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Datok Sulaiman Putri
Palopo?. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research),
yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan
model pembelajaran kooperatif tipe COBASI (Contoh-Bahas-Simpulkan) pada kelas
VIIA SMP Datok Sulaiman Putri palopo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
VIIA pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 35 orang.
Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan
sebanyak tiga kali pertemuan.
Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa
setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe COBASI (Contoh-Bahas�Simpulkan) dan lembar observasi. Data hasil belajar yang terkumpul dianalisis
dengan menggunakan analisis kuantitatif dan data hasil observasi dianalisis dengan
menggunakan analisis kualitatif. Dari hasil analisis diperoleh bahwa tes hasil belajar
matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe COBASI
(Contoh-Bahas-Simpulkan) pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 73,54
dengan ketuntasan klasikal sebesar 65,71%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai
rata-rata sebesar 78,05 dengan ketuntasan klasikal sebesar 88,57%. Hal ini
menunjukkan bahwa siswa telah mencapai standar ketuntasan belajar minimal yaitu
70 dan standar ketuntasan klasikal yaitu 80%.
Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe COBASI (Contoh – Bahas - Simpulkan) dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Datok Sulaiman Putri
Palopo.
1
BAB I

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:09
Last Modified: 13 Jun 2023 07:09
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6619

Actions (login required)

View Item View Item