EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS (RESITASI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMKN 3 PALOPO

Fauziyah, Aryani Nur (2012) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS (RESITASI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMKN 3 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Aryani Nur Fauziyah.pdf] Text
Aryani Nur Fauziyah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
ARYANI NUR FAUZYAH. 2012. Efektivitas Penerapan Metode Pemberian
Tugas (Resitasi) terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI
SMKN 3 Palopo.. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika
Jurusan Tarbiyah. Pembimbing (I) Drs. Syamsu S., M.Pd.I. Pembimbing
(II) Drs. Nasaruddin, M.Si.
Kata Kunci: Prestasi Belajar Matematika dengan Penerapan Metode Pemberian
Tugas (Resitasi)
Penulisan Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui seefektif apa metode
pemberian tugas (resitasi) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMKN
3 Palopo. Skripsi ini membahas tentang pencapaian prestasi belajar siswa sebelum
penerapan metode pemberian tugas (resitasi) dalam proses pembelajaran dan
pencapaian prestasi belajar siswa setelah penerapan metode pemberian tugas (resitasi)
dalam proses pembelajaran terhadap siswa kelas XI SMKN 3 Palopo.
Metode yang digunakan dalam penelitian dan penyusunan skripsi ini adalah
metode eksperimen. Berlokasi di SMKN 3 Palopo dengan populasi penelitian adalah
seluruh siswa di kelas XI SMKN 3 Palopo sebanyak 125 orang dan sampelnya adalah
siswa kelas XI Kompetensi keahlian Nautika Kapal Niaga (NKN) A dengan jumlah
siswa 21 orang. Pengolahan data yang diperoleh selama penelitian dianalisis secara
statistik yaitu (1) statistik deskriptif untuk menggambarkan keadaan prestasi belajar
matematika siswa kelas XI SMKN 3 Palopo sebelum dan sesudah penerapan metode
pemberian tugas (resitasi) dalam proses pembelajran, dan (2) statistik inferensial
untuk menguji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa prestasi
belajar matematika siswa kelas XI SMKN 3 Palopo setelah penerapan metode
pemberian tugas (resitasi) dalam proses pembelajaran barada pada kategori baik
sekali dengan nilai rata-rata 78,476, median 81, modus 95 dan didukung oleh standar
deviasi 12,44. Sementara prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMKN 3 Palopo
sebelum penerapan metode pemberian tugas (resitasi) dalam proses pembelajaran
barada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 58,857, median 58, modus 55 dan
didukung oleh standar deviasi 15,62. Sedangkan dari hasil penghitungan statistik
inferensial diperoleh thitung > ttabel yang menyebabkan H0 ditolak dan H1 diterima. Hal
ini menunjukkan bahwa penerapan metode pemberian tugas (resitasi) dalam proses
pembelajaran ternyata efektif dalam pencapaian prestasi belajar matematika siswa
kelas XI SMKN 3 Palopo

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2023 23:56
Last Modified: 13 Jun 2023 23:56
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6621

Actions (login required)

View Item View Item