PENGARUH BERPIKIR KREATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 PALOPO

Ceci, Ceci (2013) PENGARUH BERPIKIR KREATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Ceci.pdf] Text
Ceci.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
CECI, 2013. Pengaruh Berpikir Kreatif Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas
VIII SMP Negeri 11 Palopo. Skripsi Program Studi Pendidikan
Matematika Jurusan Tarbiyah. Pembimbing (I) Drs. Nurdin K., M.Pd
pembimbing (II) Andi Ika Prasasti Abrar, S.Si., M.Pd.,
Kata Kunci : Pengaruh, Berpikir Kreatif, Prestasi Belajar Matematika.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana tingkat
berfikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Palopo. (2) Untuk mengetahui
seberapa besar prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Palopo.
(3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh berfikir kreatif terhadap prestasi
belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Palopo
Penelitian ini termasuk penelitian ex-post fakto yang bersifat korelasional
yang meneliti pengaruh berpikir kreatif terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Palopo tahun
ajaran 2012/2013 yang terdiri dari dua kelas, dimana jumlah populasi sebanyak 35
orang. Sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 35 orang dari jumlah
populasi. Data yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian dianalisis secara statistik
yaitu (1) statistik deskriptif untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa dan prestasi
belajar matematika, (2) statistik inferensial untuk menguji normalitas, homogenitas,
hipotesis, dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif, tingkat berpikir kreatif siswa termasuk
dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata sebesar 61,6286 ,standar deviasi sebesar
8,22151 dari skor ideal sebesar 100. Sedangkan rata-rata prestasi belajar matematika
sebesar 74,9429 dengan standar deviasi sebesar 7,98875 dari skor ideal sebesar 100.
Berdasarkan hasil dari koefisien determinasi, dapat diketahui bahwa pengaruh
berpikir kreatif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 11
Palopo sebesar 66,75%
Jadi dapat disimpulkan bahwa berpikir kreatif siswa mempunyai pengaruh
terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Palopo. Hal ini
dapat menjadi motivasi bagi siswa siswi untuk tetap meningkatkan kemampuan
berpikir kreatif dan prestasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 14 Jun 2023 00:05
Last Modified: 14 Jun 2023 00:05
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6623

Actions (login required)

View Item View Item