Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Mesin A Jurusan Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Palopo

Ekawati, Ekawati (2012) Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Mesin A Jurusan Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Palopo. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Ekawati.pdf] Text
Ekawati.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
EKAWATI, 2012, “Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team
Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Matematika
Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Palopo”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah. Pembimbing (1) Dr. H. Bulu’
K.,M.Ag. (2) Nursupiamin, S.Pd., M.Si.
Skripsi ini membahas tentang hasil belajar matematika sebelum
menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division
(STAD) dan setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Team
Achievement Division (STAD) pada siswa kelas X Mesin A Jurusan Teknik
Permesinan SMK Negeri 2 Palopo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas X Mesin A SMK
Negeri 2 Palopo sebelum dan setelah diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe
Student Team Achievement Division (STAD).
Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X Mesin A Jurusan Teknik
Permesinan SMK Negeri 2 Palopo tahun ajaran 2012/2013. Data yang diperoleh
dianalisis dengan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil analisis
statistika deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang
menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan nilai rata-rata
71,38 median 70, modus 75, dan didukung oleh simpangan baku 10,17. Sedangkan
hasil belajar matematika pada kelompok yang menggunakan metode pembelajaran
konvensional dengan nilai rata-rata 57,41 median 60, modus 65, serta simpangan
baku 11,92. Hasil analisis statistika inferensial diperoleh nilai thit = 11,39 dengan
taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh ttab = t(0,025; 27) = 2,77 berarti thit > ttab yang
menyebabkan H0 ditolak. Ini berarti dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) efektif dalam
meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X Mesin A Jurusan Teknik
Permesinan SMK Negeri 2 Palopo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 14 Jun 2023 00:08
Last Modified: 14 Jun 2023 00:08
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6624

Actions (login required)

View Item View Item