Kusmawati, Fifit (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA METODE KUASAI DAN METODE EKSPOSITORI PADA KOMPETENSI DASAR PERSAMAAN KUADRAT PADA SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK PERMESINAN SMK NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Fifit Kusmawati.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
FIFIT KUSMAWATI, 2012. “Perbandingan Hasil Belajar Matematika antara
Metode KUASAI dan Metode Ekspositori pada Kompetensi Dasar
Persamaan Kuadrat pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Permesinan
SMK Negeri 2 Palopo”. Skripsi, program studi matematika, jurusan
tarbiyah, STAIN Palopo, Pembimbing (1) Drs. Nasaruddin, M.Si,
Pembimbing (2) Andi Ika Prasasti Abrar, S.Si.,M.Pd
Skripsi ini membahas tentang perbandingan hasil belajar matematika siswa
kelas X Jurusan Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Palopo yang diajar dengan
metode KUASAI dan metode Ekspositori pada kompetensi dasar persamaan kuadrat.
Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar hasil belajar matematika siswa
siswa kelas X Jurusan Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Palopo yang diajar dengan
metode KUASAI dan Metode Ekspositori pada kompetensi dasar persamaan kuadrat,
dan untuk memperoleh informasi apakah hasil belajar matematika siswa kelas X
Jurusan Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Palopo diajar dengan Metode KUASAI
lebih Baik daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode
Ekspositori pada kompetensi dasar persamaan kuadrat
Penelitan ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan satu kelas
eksperimen dan satu kelas kontrol. Populasi dalam peneliian ini adalah seluruh siswa
kelas X Jurusan Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Palopo tahun ajaran 2012/2013
yang berjumlah 126 siswa sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 62
siswa yang terbagi dua kelas yaitu kelas eksperimen 31 siswa dan kelas kontrol 31
siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Hasil belajar matematika siswa kelas
X Jurusan Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Palopo yang diajar dengan metode
KUASAI lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan
metode ekspositori pada kompetensi dasar persamaan kuadrat”. Untuk mengolah
data hasil penelitian digunakan dua macam teknik statistik yaitu statistik deskriptif
dan statistik inferensial.
Berdasarkan pengujian statistik deskriptif diperoleh skor rata-rata hasil
belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 65,3226 dan skor rata-rata hasil belajar
siswa pada kelas kontrol adalah 57,0968. Berdasarkan pengujian statistik inferensial
diperoleh nilai Zhitung = 2,17228 dan Ztabel = 1,96 sehingga Zhitung > Ztabel (2,17228 >
1,96) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa “hasil belajar siswa kelas X Jurusan Teknik Permesinan SMK
Negeri 2 Palopo yang diajar dengan metode KUASAI lebih baik daripada siswa yang
diajar dengan metode ekspositori pada pokok bahasan persamaan kuadrat”
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 00:24 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 00:24 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6626 |
Actions (login required)
View Item |