PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP DATOK SULAIMAN PALOPO BAGIAN PUTRA

Ibrahim, Ibrahim (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP DATOK SULAIMAN PALOPO BAGIAN PUTRA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Ibrahim.pdf] Text
Ibrahim.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Ibrahim, 2013. “Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Dalam
Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP
Datok Sulaiman Palopo Bagian Putra”. Skripsi. Jurusan Tarbiyah.
Program Studi Matematika. Pembimbing (I) Drs. Hisban Thaha, M.Ag
(2) Drs. Nasaruddin., M.Si
Kata Kunci: Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Dalam
Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika.
Skipsi ini bertujuan mengetahui (1) meningkatkan hasil belajar
matematika melalui pendekatan realistik. (2) Untuk mengetahui peningkatan
peningkatan belajar matematika siswa kelas VIII SMP Datok Sulaiman Palopo
Bagian Putra dalam belajar matematika. Dalam konteks penelitian ini, peneliti
menggunakan statistik deskriptif, lokasi penelitian ini adalah SMP Kelas VIII Datok
Sulaiman Palopo bagian Putra dengan jumlah siswa 52.
Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik Penelitian lapangan, yaitu
metode pengumpulan data yang dilakukan secara langsung di lapangan (kelas) tempat
lokasi penelitian, memberikan tes kepada siswa, Data format observasi yang
diperoleh dari hasil observasi dilapagan mengenai situasi belajar mengajar saat
pelaksanaan tindakan yang ditulis dalam lembar observasi.
Data dianalisis dengan menggunakan ditribusi frekuensi kualitatif dan
kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan (a) Hasil belajar matematika
siswa kelas VIII SMP Datok Sulaiman Palopo Bagian Putra setelah diberikan
tindakan pada siklus 1 berada dalam kategori tinggi dengan skor rata- rata 58,08 dari
skor ideal 100. (b) Hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Datok Sulaiman
Palopo Bagian Putra setelah diberikan tindakan pada siklus II berada dalam kategori
tinggi dengan skor rata- rata 68, 35 dari skor ideal 100. (c) Terjadi peningkatan hasil
belajar siswa dari ketegori sedang pada siklus I dan siklus II pada kategori tinggi
dengan skor rata-rata 58,.08 menjadi 68,35 sehingga mengalami peningkatan sebesar
10,27.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:00
Last Modified: 14 Jun 2023 01:00
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6631

Actions (login required)

View Item View Item