MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI OPERASI HITUNG PADA ALJABAR DENGAN PENDEKATAN KERJA KELOMPOK SISWA KELAS VIIIa SMP MUHAMMADIYAH PALOPO KOTA PALOPO

Khomsatun, Khomsatun (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI OPERASI HITUNG PADA ALJABAR DENGAN PENDEKATAN KERJA KELOMPOK SISWA KELAS VIIIa SMP MUHAMMADIYAH PALOPO KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Khomsatun.pdf] Text
Khomsatun.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Khomsatun,. 2013,”Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan
Kerja Kelompok Materi Pokok Operasi Hitung Pada Bentuk Aljabar Siswa
Kelas VIIIa SMP Muhammadiyah Palopo,” program studi Pendidikan
Matematika, Jurusan Tarbiyah STAIN Palopo, Pembibing I, Dra. St.
Marwiyah, M.Ag., Pembimbing II Drs. Nasaruddin, M. Si.
Kata kunci : hasil belajar matematiaka dan pendekatan kejra kelompok
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan hasil belajar
matematika melalui pendekatan kerja kelompok materi pokok operasi hitung pada
bentuk alajabar. Hasil dari penelitian tindakan ini akan memberi manfaat yang sangat
berarti bagi guru, agar dapat memperbaiki dan meningkatkan sistem pembelajaran di
kelas. Memberikan manfaat bagi siswa sehingga dapat memahami dan menyenangi
pembelajaran matematika.
Pendekatan kerja kelompok adalah salah satu pendekatan pembelajaran
koperatif, merupakan Strategi pembelajaran yang digunakan untuk mendapatkan
jawaban yang dihasilkan dari diskusi siswa secara berkelompok, sehingga pada
akhirnya akan munculkan jawaban yang telah disepakati oleh siswa secara
berkelompok.
Pengumpulan data mengenai kehadiran, perhatian, dan keaktifan siswa dalam
mengikuti proses belajar mengajar diambil pada saat pembelajaran berlangsung
dengan menggunakan lembar observasi yang sudah disiapkan. Data tentang hasil
belajar siswa, diambil dengan menggunakan tes pada setiap akhir siklus.
Hasil belajar matematika pada siklus I, yaitu: nilai tertinggi sebesar 85, nilai
terendah sebesar 30. Pada siklus II nilai yang diperoleh siswa, yaitu: nilai tertinggi
sebesar 90, nilai terendah sebesar 65. Berdasarkan nalisis rata-rata nilai perolehan
siswa pada siklus I sebesar 58,05, sedang pada siklus II rata-rata nilai perolehan
siswa miningkat sebesar 73,68.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:34
Last Modified: 14 Jun 2023 01:34
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6634

Actions (login required)

View Item View Item