Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII PMDS Putra Palopo

Makkawaru, Maspa (2013) Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII PMDS Putra Palopo. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Maspa Makkawaru.pdf] Text
Maspa Makkawaru.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nama : MASPA MAKKAWARU
NIM : 0916120087
Judul : Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted
Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
Kelas VIII PMDS Putra Palopo.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu 1. Bagaimana hasil belajar
matematika peserta didik kelas VIII SMP PMDS Putra Palopo yang diajar dengan
model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization? 2. Bagaimana
hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP PMDS Putra Palopo yang
diajar dengan model pembelajaran biasa atau konvensional? 3. Apakah hasil belajar
matematika peserta didik kelas VIII SMP PMDS Putra Palopo yang diajar dengan
pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization lebih baik dari pada
hasil belajar peserta didik yang diajar dengan konvensional?
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk melihat
apakah ada pengaruh hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model
pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Populasi dalam
penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII PMDS Putra Palopo tahun ajaran
2013/2014. Teknik pengambilan sampel yang digunakan sampling jenuh.. Cara
pengambilan data yaitu dengan lembar observasi dan tes. Data yang diperoleh
kemudian diolah dengan anasisis uji t.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh sebelum perlakuan nilai rata-rata
peserta didik untuk kelas eksperimen sebesar 61,25 dan untuk kelas kontrol sebesar
62,88. Dari hasil uji satatistik diperoleh -t tabel< t hitung<t tabel, maka H0 diterima,
artinya tidak ada perbedaan rata-rata yang signifikan antara kedua kelompok. Rata�rata nilai peserta didik sesudah perlakuan untuk kelas eksperimen sebesar 76,88,
varians (S2) = 223,717 dan standar deviasi (S) = 14,96. Sedangkan peserta didik yang
1
tidak mendapatkan perlakuan di kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 67,56,
varians (S2) = 121,596 dan standar deviasi (S) = 11,03. dan hasil uji statistik t satu
pihak kanan diperoleh t hitung= 2,03 dengan taraf signifikan 5% diperoleh t tabel=
1,69. Jadi t hitung>t tabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berarti dari ke dua nilai
hasil belajar matematika peserta didik dengan soal post-tes dengan menggunakan
model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization lebih baik
dibanding dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:19
Last Modified: 14 Jun 2023 02:19
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6636

Actions (login required)

View Item View Item