Munti'ah, Munti'ah (2013) EFEKTIVITAS PENDEKATAN VAK (VISUAL AUDITORY KINESTETIK) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Munti'ah.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
MUNTI’AH. 2013. Efektivitas Pendekatan VAK (Visual Auditory Kinestetik)
dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMKN 4
Palopo.. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan
Tarbiyah. Pembimbing (I) Drs. Hasri, M.A. Pembimbing (II) Drs.
Nasaruddin, M.Si.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Pendekatan VAK
(Visual Auditory Kinestetik)
Skripsi ini membahas tentang hasil belajar matematika sebelum
menggunakan pendekatan VAK (Visual Auditory kinestetik) dan setelah
menggunakan pendekatan VAK (Visual Auditory kinestetik) siswa kelas X SMK
Negeri 4 Palopo. Untuk mendapatkan informasi secara formal dan akurat tentang
hasil belajar siswa.
Penelitian ini adalah penelitian Pre-Experimen. Tujuan penelitian ini
adalah untuk memperoleh gambaran tentang hasil belajar matematika Siswa kelas X
SMK Negeri 4 Palopo melalui pendekatan VAK (Visual Auditory Kinestetik).
pendekatan VAK (Visual Auditory Kinestetik) dilakukan ntuk mengetahui hasil
belajar matematika siswa sebelum dan setelah menggunakan pendekatan VAK
(Visual Auditory Kinestetik)
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMK Negeri 4 Palopo
tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri atas dua bidang keahlian, yaitu multimedia dan
teknik komputer dan jaringan, dimana jumlah populasi sebanyak 83 orang.
Sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 20 orang dari jumlah populasi.
Data yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif
dan statistik inferensial. Statistik deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar
matematika dengan menggunakan pendekatan VAK (Visual Auditory Kinestetik), dan
statistik inferensial untuk menguji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil
analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar matematika setelah
menggunakan pendekatan VAK (Visual Auditory Kinestetik) barada pada kategori
baik dengan nilai rata-rata 80,70, median 80, modus 80 dan didukung oleh standar
deviasi 13,18 dan hasil belajar matematika sebelum menggunakan pendekatan VAK
(Visual Auditory Kinestetik) barada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 65,85,
median 62, modus 55 dan didukung oleh standar deviasi 13. Sedangkan hasil statistik
inferensial diperoleh thitung >ttabel yang menyebabkan H0 ditolak dan H1 diterima. Hal
ini menunjukkan bahwa pendekatan VAK (Visual Auditory Kinestetik) efektif dalam
meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMKN 4 Palopo tahun
2012/2013.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 02:59 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 02:59 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6640 |
Actions (login required)
View Item |