Khasanah, Nor (2013) STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAL (STUDENT ACTIVE LEARNING) DAN PENDEKATAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Nor Khasanah.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK 
NOR KHASANAH. 2013. Studi Perbandingan antara Pendekatan Pembelajaran 
SAL ( Student Active Learning ) dan Pendekatan Konvensional 
Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MAN 
Palopo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan 
Tarbiyah. Pembimbing (I) Dra. Baderiah, M.Ag, Pembimbing (II) Andi 
Ika Prasasti Abrar, S.Si., M.Pd., 
Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Pendekatan pembelajaran SAL 
( Student Active Learning ), Pendekatan Konvensional. 
Skripsi ini membahas tentang hasil belajar matematika siswa dengan 
menggunakan pendekatan SAL ( Student Active Learning ) dan hasil belajar 
matematika siswa dengan menggunakan pendekatan Konvensional siswa kelas X 
MAN Palopo. Untuk mendapatkan informasi secara formal dan akurat tentang hasil 
belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa hasil belajar 
matematika siswa kelas X MAN Palopo melalui pendekatan SAL ( Student Active 
Learning ) lebih baik dibandingkan pendekatan Konvensional. 
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang melibatkan dua 
kelompok siswa yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian 
ini adalah siswa kelas X MAN Palopo tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari enam 
kelas, dimana jumlah populasi sebanyak 108 orang. Sedangkan jumlah sampel yang 
digunakan sebanyak 40 orang dari jumlah populasi yang terbagi dalam dua 
kelompok, yaitu 20 siswa merupakan kelompok eksperimen dan 20 siswa merupakan 
kelompok kontrol. Data yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian di analisis secara 
statistik yaitu (1) statistik deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika 
melalui Pendekatan SAL ( Student Active Learning ), (2) statistik inferensial untuk 
menguji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. 
Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkkan bahwa hasil belajar 
matematika siswa melalui Pendekatan SAL ( Student Active Learning ) berada pada 
kategori baik dengan nilai rata-rata 70,25 dan hasil belajar matematika siswa melalui 
Pendekatan Konvensional berada dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata 
60,25. Sedangkan hasil statistik inferensial diperoleh ������� > ��	
�� yang 
menyebabkan H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil 
belajar matematika siswa melalui pendekatan SAL ( Student Active Learning ) lebih 
baik dibandingkan hasil belajar matematika melalui pendekatan Konvensiona
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika | 
| Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos | 
| Date Deposited: | 14 Jun 2023 05:35 | 
| Last Modified: | 14 Jun 2023 05:35 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6643 | 
