Munir, Nurmasita (2013) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Nurmasita Munir.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK 
NURMASITA MUNIR, 2013. “Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Prestasi 
Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X1 SMK Negeri 2 Palopo”. 
Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah. 
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. (dibimbing oleh 
Dra. Fatmaridha Sabani, M.Ag. dan Nursupiamin., S.Pd., M.Si).” 
Kata Kunci : Hubungan, Konsep Diri, Prestasi Belajar Matematika 
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian 
ini adalah kelas X1 SMK Negeri 2 palopo tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 439 
orang siswa yang tersebar dalam lima belas kelas. Sampel dalam penelitian ini 
sebanyak 51 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan 
data tersebut berupa angket dan dokumentasi.. Teknik analisis data yang digunakan 
ada dua macam teknik analisis, yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik 
inferensial. 
Hasil analisis deskriptif konsep diri matematika siswa kelas XI SMK Negeri 
2 Palopo, menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa adalah 70,2353 dengan varians 
sebesar 113,58353 dan standar deviasi sebesar 10,65756 dari skor ideal 100, 
sedangkan rentang skor yang dicapai sebesar 45 skor terendah 50 dan skor tertinggi 
95, sedangkan konsep diri matematika siswa kelas XI SMK Negeri 2 Palopo pada 
tahun ajaran 2012/2013 termasuk dalam kategori yang baik dengan frekuensi siswa 
yang memperoleh nilai termasuk kategori yang baik sebanyak 31 orang dan 
persentase sebesar 60,8%. Sedagkan analisis deskriptif prestasi belajar matematika 
siswa kelas XI SMK Negeri 2 Palopo menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa adalah 
75,3529 dengan varians sebesar 77,43294 dan standar deviasi sebesar 8,79960, dari 
skor ideal 100, sedangkan rentang skor yang dicapai sebesar 45, skor terendah 50, 
dan skor tertinggi 95, sedangkan tingkat prestasi belajar matematika siswa kelas XI 
SMK Negeri 2 Palopo pada tahun ajaran 2012/2013 termasuk dalam kategori yang 
baik dengan frekuensi siswa yang memperoleh nilai termasuk kategori yang baik 
sebanyak 40 orang dengan persentase sebesar 78,5%. 
Hasil analisis inferensial diperoleh ������ ≥ ���	
� (9,160 ≥ 1,96) dengan 
� = 0,05 yang menyebabkan �� ditolak dan �� diterima. Hal ini menenjukkan 
bahwa terdapat korelasi antara konsep diri matematika siswa (X) dengan prestasi 
belajar matematika siswa (Y) kelas XISMK Negeri 2 Palopo
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika | 
| Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos | 
| Date Deposited: | 14 Jun 2023 05:53 | 
| Last Modified: | 14 Jun 2023 05:53 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6645 | 
