HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 PALOPO

Munir, Nurmasita (2013) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Nurmasita Munir.pdf] Text
Nurmasita Munir.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
NURMASITA MUNIR, 2013. “Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Prestasi
Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X1 SMK Negeri 2 Palopo”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah.
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. (dibimbing oleh
Dra. Fatmaridha Sabani, M.Ag. dan Nursupiamin., S.Pd., M.Si).”
Kata Kunci : Hubungan, Konsep Diri, Prestasi Belajar Matematika
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian
ini adalah kelas X1 SMK Negeri 2 palopo tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 439
orang siswa yang tersebar dalam lima belas kelas. Sampel dalam penelitian ini
sebanyak 51 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan
data tersebut berupa angket dan dokumentasi.. Teknik analisis data yang digunakan
ada dua macam teknik analisis, yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik
inferensial.
Hasil analisis deskriptif konsep diri matematika siswa kelas XI SMK Negeri
2 Palopo, menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa adalah 70,2353 dengan varians
sebesar 113,58353 dan standar deviasi sebesar 10,65756 dari skor ideal 100,
sedangkan rentang skor yang dicapai sebesar 45 skor terendah 50 dan skor tertinggi
95, sedangkan konsep diri matematika siswa kelas XI SMK Negeri 2 Palopo pada
tahun ajaran 2012/2013 termasuk dalam kategori yang baik dengan frekuensi siswa
yang memperoleh nilai termasuk kategori yang baik sebanyak 31 orang dan
persentase sebesar 60,8%. Sedagkan analisis deskriptif prestasi belajar matematika
siswa kelas XI SMK Negeri 2 Palopo menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa adalah
75,3529 dengan varians sebesar 77,43294 dan standar deviasi sebesar 8,79960, dari
skor ideal 100, sedangkan rentang skor yang dicapai sebesar 45, skor terendah 50,
dan skor tertinggi 95, sedangkan tingkat prestasi belajar matematika siswa kelas XI
SMK Negeri 2 Palopo pada tahun ajaran 2012/2013 termasuk dalam kategori yang
baik dengan frekuensi siswa yang memperoleh nilai termasuk kategori yang baik
sebanyak 40 orang dengan persentase sebesar 78,5%.
Hasil analisis inferensial diperoleh ������ ≥ ���
� (9,160 ≥ 1,96) dengan
� = 0,05 yang menyebabkan �� ditolak dan �� diterima. Hal ini menenjukkan
bahwa terdapat korelasi antara konsep diri matematika siswa (X) dengan prestasi
belajar matematika siswa (Y) kelas XISMK Negeri 2 Palopo

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 14 Jun 2023 05:53
Last Modified: 14 Jun 2023 05:53
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6645

Actions (login required)

View Item View Item