Nurmiati, Nurmiati (2012) PENGARUH KELENGKAPAN SUMBER-SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Nurmiati.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
NURMIATI. 2012. Pengaruh Kelengkapan Sumber-Sumber Belajar terhadap
Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Palopo. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah.
Pembimbing (I) Dr. Muhaemin, M.A, Pembimbing (II) Andi Ika
Prasasti Abrar, S.Si., M.Pd.,
Kata Kunci : Pengaruh, Kelengkapan Sumber-Sumber Belajar, Hasil Belajar
Matematika.
Skripsi ini membahas tentang (1) Bagaimana kelengkapan sumber-sumber
belajar yang digunakan untuk belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 4
Palopo? (2) Seberapa besar hasil belajar matematika Siswa kelas XI SMA Negeri 4
Palopo? (3) Apakah kelengkapan sumber-sumber belajar yang digunakan
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palopo?
Penelitian ini merupakan penelitian Ex-postfacto. Dimana populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palopo tahun ajaran 2012/2013
yang terdiri dari tujuh kelas, dimana jumlah populasi sebanyak 114 orang.
Sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 28 orang dari jumlah populasi.
Teknik yang digunakan dalam mengambil jumlah sampel adalah teknik proporsional
Sampling. Bentuk instrumen yang digunakan berupa angket dengan skala likert dan
dokementasi yang berupa nilai ulangan harian siswa. Teknik analisis yang digunakan
ada dua macam yaitu teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa kelengkapan sumber�sumber belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palopo termasuk dalam kategori yang
cukup lengkap dengan skor rata-rata 57,6897 dengan standar deviasi 7,33438 dari
skor ideal 100 dengan skor terendah 35,00, dan skor tertinggi 69,00. Sedangkan
Hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palopo tahun ajaran
2012/2013 termasuk kategori yang baik dengan skor rata-rata 69 dengan standar
deviasi 9,39225 dari skor ideal 100 dengan skor terendah 50 dan skor tertinggi 90.
Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kelengkapan
sumber-sumber belajar (X) terhadap hasil belajar matematika siswa (Y). Pada tabel
R Square-nya adalah 0,779 yang berarti bahwa 77,7 % naik turunnya hasil belajar
matematika ditentukan oleh kelengkapan sumber-sumber belajar siswa, selebihnya
dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 05:57 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 05:57 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6646 |
Actions (login required)
View Item |