Buana, Rima (2013) PERBANDINGAN PENERAPAN METODE HENSIS DENGAN PERKALIAN BIASA PADA TINGKAT PENGUASAAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 357 CAKKEAWO KECEMATAN SULI KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Rima Buana.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
RIMA BUANA,. 2013.Perbandingan Penarapan Metode Hensis dengan Perkalian
Biasa Pada Tingkat Penguasaan Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri
357 Cakkeawo Kecematan Suli Kabupaten Luwu. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah. Pembimbing (I) Hj.Andii
Sukmawati Assaad,S.Ag.,M.Pd. Pembimbing (II) Nursupiamin
S.Pd.,M.Si.
Kata Kunci: Tingkat Penguasaan Matematika dengan Penerapan Metode
Hensis dengan Metode Perkalian Biasa
Skripsi ini membahas tentang ada tidaknya perbadaan Tingkat Penguasaan
Matematika, siswa kelas IV SD Negeri 357 Cakkeawo Kecematan Suli Kabupaten
Luwu Antara Metode Hensis dan Metode Perkalian Biasa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pasca tes
dengan pemilihan kelompok secara acak. Adapun populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 357 Cakkeawo Kecematan Suli Kabupaten
Luwu yang berjumlah 40 0rang siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IV A dan
kelas IV B.
Adapun data yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian ini adalah
dianalisis secara statistik yaitu (1) statistik deskriptif tingkat penguasaan
matematika, (2) statistik inferensial untuk menguji nurmalitas, uji homogenitas dan
uji hipotesis. Tingkat penguasaan siswa kelas IV SD Negeri 357 Cakkeawo
Kecamatan Suli Kabupaten Luwu pada Tahun pelajaran 2012/2013 pada penerapan
metode perkalian biasa pada pelajaran matematika siswa termasuk dalam kategori
memuaskan (lebih dari sedang), dengan nilai rata-rata = 67,5; standar deviasi =
15,17442; variansi = 230,26316; skor tertinggi = 90; dan skor terendah = 30 dari skor
ideal 100.Tingkat penguasaan siswa kelas IV SD Negeri 357 Cakkeawo Kecamatan
Suli Kabupaten Luwu pada Tahun pelajaran 2012/2013 pada penerapan metode
Hensis pada pelajaran matematika siswa termasuk dalam kategori memuaskan(lebih
dari sedang), dengan nilai rata-rata = 76; standar deviasi = 11,42481; variansi =
130,52632; skor tertinggi = 90 dan skor terendah = 50 dari skor ideal 100. Sedangkan
hasil statistik inferensial diperoleh thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat perbedaan signifikan antara Tingkat Penguasaan Matematika dengan
Penerapan Metode Hensis dengan Metode Perkalian Biasa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 05:59 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 05:59 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6653 |
Actions (login required)
View Item |