PENGARUH PENALARAN FORMAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 PALOPO

Rosmiati, Rosmiati (2013) PENGARUH PENALARAN FORMAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Rosmiati.pdf] Text
Rosmiati.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
ROSMIATI. 2013.Pengaruh Penalaran Formal Terhadap Prestasi Belajar
Matematika Siswa Kelas V11 SMP 8 Palopo. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah. Pembimbing (I) Dra.
Fatmaridah Sabani, M.Ag., Pembimbing (II) Drs. Nasaruddin, M.Si.,
Kata Kunci : Penalaran Formal, Prestasi Belajar
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bersifat korelasional.
Secara perasional, variabel-variabel yang diselidiki dalam penelitian ini adalah
penalaran formal terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 8
Palopo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penalaran formal dan
prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palopo, serta untuk
mengetahui pengaruh penalaran formal terhadap prestasi belajar matematika siswa
kelas VII SMP Negeri 8 Palopo.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Palopo
yang berjumlah 283 orang siswa yang terdiri dari 9 kelas. Sedangkan jumlah sampel
yang digunakan sebanyak 36 orang siswa dari jumlah populasi. Data yang diperoleh
dari pelaksanaan penelitian dianalisis secara statistik yaitu statistik deskriptif dan
statistik inferensial.
Hasil penelitian statistik deskriptif untuk mendeskripsikan nilai yang
diperoleh dari hasil pemberian angket skala penalaran formal dan prestasi belajar
matematika siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palopo, sedangkan statistik inferensial
untuk menguji hipotesis. Skor rata-rata hasil penalaran formal adalah 75,94 dengan
standar deviasi 4,93353. Sedangkan rata-rata prestasi belajar matematika siswa
adalah 76,25 dengan standar deviasi 4,12916 dan Koefisien determinasi pengaruh
penalaran formal terhadap prestasi belajar matematika siswa ( r2 ) sebesar 0,412
menunjukkan bahwa 41,2% variansi skor prestasi belajar matematika siswa kelas VII
SMP Negeri 8 Palopo yang menjadi sampel penelitian dapat dijelaskan oleh skor
penalaran formal yang dimiliki oleh siswa. Demikian pula sebaliknya, variansi skor
penlaran formal siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palopo yang menjadi sampel
penelitian juga dapat dijelaskan oleh skor prestasi belajar matematika siswa.
Sedangkan 58,8% dapat ditentukan oleh variabel-variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:13
Last Modified: 15 Jun 2023 06:13
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6656

Actions (login required)

View Item View Item