STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENENTUKAN FPB DAN KPK SISWA KELAS V SDN 087 KATOKKOAN

Rusni, Rusni (2013) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENENTUKAN FPB DAN KPK SISWA KELAS V SDN 087 KATOKKOAN. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Rusni.pdf] Text
Rusni.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
RUSNI,. 2013. Studi Perbandingan Hasil Belajar Matematika Melalui Bimbingan
Belajar Dalam Menentukan FPB dan KPK Siswa Kelas V SDN 87
Katokkoan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan
Tarbiyah. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo.
Pembimbing (I). Drs. Nasaruddin, M.Si. Pembimbing (II). Alia Lestari,
S.Si., M.Si.
Kata Kunci: Bimbingan Belajar, hasil Belajar Matematika

Skripsi ini membahas tentang (1) bagaimana gambaran hasil belajar
matematika siswa kelas V SDN 87 Katokkoan setelah (post tes) diberikan bimbingan
belajar dalam menentukan FPB dan KPK?, (2) bagaimana gambaran hasil belajar
matematika siswa kelas V SDN 87 Katokkoan sebelum (pre tes) diberikan
bimbingan belajar dalam menentukan FPB dan KPK?, (3) apakah ada perbedaan
yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa kelas V setelah (post tes)
diberikan bimbingan belajar dalam menentukan FPB dan KPK dengan sebelum (pre
tes) diberikan bimbingan belajar dalam menentukan FPB dan KPK di SDN 87
Katokkoan?.
Penelitian ini adalah penelitian Pre Eksperimen. Populasi dalam penelitian
ini adalah Siswa Kelas V SDN 87 Katokkoan tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri
dari 2 kelas dan berjumlah sebanyak 58 siswa. Sedangkan jumlah sampel yang
digunakan sebanyak 29 siswa. Data yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian
dianalisis secara statistik yaitu (1) statistik deskriptif untuk mendeskripsikan hasil
belajar matematika dengan mengadakan bimbingan belajar, (2) statistik inferensial
untuk menguji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar
matematika siswa kelas V setelah (post tes) diberikan bimbingan belajar dalam
menentukan FPB dan KPK berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 74,8966,
median 78, modus 80 dan di dukung oleh standar deviasi 7,3014 dan hasil belajar
matematika siswa kelas V sebelum (pre tes) diberikan bimbingan belajar dalam
menentukan FPB dan KPK berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata
68,3448, median 69, modus 60 dan didukung oleh standar deviasi 5,7276. Sedangkan
hasil statistik inferensial diperoleh thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa kelas V
setelah (post tes) diberikan bimbingan belajar dalam menentukan FPB dan KPK
dengan sebelum (pre tes) diberikan bimbingan belajar dalam menentukan FPB dan
KPK di SDN 87 Katokkoan’

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:37
Last Modified: 15 Jun 2023 06:37
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6663

Actions (login required)

View Item View Item