Risqa, Sitti (2013) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KOMPETENSI GURU MATEMATIKA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 BAJO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Sitti Risqa.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
SITTI RISQA,. 2013. Hubungan antara Persepsi Peserta Didik tentang
Kompetensi Guru Matematika dengan Hasil Belajar Matematika pada
Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Bajo. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah. Sekolah Tinggi Agama
Islam Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing (I). Drs. Syamsu Sanusi,
M.Pd.I, Pembimbing (II). Alia Lestari, S.Si., M.Si.
Kata Kunci: Persepsi Peserta Didik, Kompetensi Guru Matematika, Hasil
Belajar Matematika
Skripsi ini membahas tentang (1) bagaimana persepsi peserta didik tentang
kompetensi guru matematika dengan hasil belajar matematika pada peserta didik
kelas VIII SMP Negeri 4 Bajo?, (2)Bagaimana hasil belajar matematika pada
peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Bajo?, (3) Apakah ada hubungan antara
persepsi peserta didik tentang kompetensi guru matematika dengan hasil belajar
matematika pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Bajo?
Penelitian ini adalah penelitian Ex-Post Fakto. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh Peserta didik kelas VIII SMP Negri 4 Bajo tahun ajaran
2012/2013 yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah sebanyak 65 orang. Sedangkan
jumlah sampel yang digunakan sebanyak 30 orang dari jumlah populasi.Data yang
diperoleh dari pelaksanaan penelitian dianalisis secara statistik yaitu (1) statistik
deskriptif untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik tentang kompetensi guru
matematika dengan hasil belajar matematika, (2) statistik inferensial untuk menguji
normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil angket persepsi
peserta didik tentang kompetensi guru matematika dengan hasil belajar matematika
berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 65,43, median 63,5, modus 60 dan
di dukung oleh standar deviasi 7,753 dan hasil belajar matematika siswa berada
dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 65,03, median 64, modus 63 dan
dikukung oleh standar deviasi 6,425. Sedangkan hasil statistik inferensial diperoleh
thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi
peserta didik tentang kompetensi guru matematika dengan hasil belajar matematika
pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Bajo .
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 06:45 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 06:45 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6666 |
Actions (login required)
View Item |