Sudirman, Sudirman (2012) PENGARUH PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SOAL-SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Sudirman.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
SUDIRMAN, 2012. Pengaruh Penguasaan Konsep Matematika Terhadap
Kemampuan Memecahkan Masalah Soal-Soal Cerita Sistem Persamaan
Linear Dua Variabel Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Palopo.
(dibimbing oleh Drs. Hisban Thaha, M. Ag dan Nursupiamin, S. Pd .,
M. Si)
Kata Kunci : Penguasaan Konsep Matematika, Kemampuan Memecahkan
Masalah Soal-Soal Cerita, Sistem Persamaan Linear Dua
Variabel.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex-post Facto yang bersifat regresi.
Yang bertujuan : (1) untuk mengetahui besar penguasaan konsep matematika siswa
kelas XI IPA SMAN 4 palopo pada sistem persamaan linear dua variabel, (2) untuk
mengetahui besar kemampuan siswa kelas XI IPA SMAN 4 Palopo dalam
memecahkan masalah soal-soal cerita pada sistem persamaan linear dua variabel, (3)
untuk mengetahui pengaruh antara penguasaan konsep matematika terhadap
kemampuan memecahkan masalah soal-soal cerita sistem persamaan linear dua
variabel pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 palopo.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA SMAN 4 Palopo
tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah populasi sebanyak 74 orang yang terdiri dari
tiga kelas. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling,
sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 74 orang.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah Penguasaan Konsep Matematika
mempunyai pengaruh yang positif terhadap kemampuan memecahkan masalah soal�soal cerita sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas XI IPA SMA
Negeri 4 Palopo tahun ajaran 2011/2012. Untuk mengolah data hasil penelitian
digunakan dua macam teknik statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik
inferensial. Dari pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa Penguasaan
Konsep Matematika berpengaruh positif terhadap tingkat kemampuan memecahkan
masalah soal-soal cerita sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas XI
IPA SMAN 4 Palopo. Dari hasil penelitian ternyata 16.73% variansi tingkat
kemampuan siswa dalam memecahkan masalah soal-soal cerita sistem persamaan
linear dua variabel ditentukan oleh penguasaan konsep matematika dengan catatan
bahwa pengaruh variabel lain diabaikan.
Dari hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru mata pelajaran agar
dalam proses pembelajaran selanjutnya lebih ditekankan pada penguasaan konsep
dan mempertimbangkan metode pembelajaran yang digunakan pada saat itu, apakah
cocok digunakan kembali atau tidak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 06:57 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 06:57 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6667 |
Actions (login required)
View Item |