STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBERIAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN EMPAT TANDA OPERASIONAL MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 92 KARETAN

Suryani, Suryani (2013) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBERIAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN EMPAT TANDA OPERASIONAL MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 92 KARETAN. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Suryani.pdf] Text
Suryani.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
SURYANI,. 2013. Studi Perbandingan Hasil Belajar Matematika Melalui
Pemberian Bimbingan Belajar Dengan Menggunakan Empat Tanda
Operasional Matematika Siswa Kelas IV SDN 92 Karetan. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah. Sekolah
Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing (I). Drs.
Hasri, M.A. Pembimbing (II). Alia Lestari, S.Si., M.Si.
Kata Kunci: Bimbingan Belajar, Hasil Belajar Matematika
Skripsi ini membahas tentang (1) bagaimana gambaran hasil belajar
matematika siswa kelas IVa SDN 92 Karetan yang tidak diberikan bimbingan belajar
dengan menggunakan empat tanda operasional matematika?, (2) bagaimana
gambaran hasil belajar matematika siswa kelas IVb SDN 92 Karetan yang diberikan
bimbingan belajar dengan menggunakan empat tanda operasional matematika?,
(3) apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas IVa SDN 92
Karetan yang tidak diberikan dan siswa kelas IVb SDN 92 Karetan yang diberikan
bimbingan belajar dengan menggunakan empat tanda operasional matematika?.
Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh Siswa Kelas IV SDN 92 Karetan tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri
dari 2 kelas dan berjumlah sebanyak 74 siswa. Sedangkan jumlah sampel yang
digunakan sebanyak 37 siswa dari masing-masing kelas. Data yang diperoleh dari
pelaksanaan penelitian dianalisis secara statistik yaitu (1) statistik deskriptif untuk
mendeskripsikan hasil belajar matematika dengan mengadakan bimbingan belajar,
(2) statistik inferensial untuk menguji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar
matematika siswa kelas IVa yang tidak diberikan bimbingan belajar dengan
menggunakan empat tanda operasional matematika berada pada kategori baik dengan
nilai rata-rata 62,1622, median 65, modus 60 dan didukung oleh standar deviasi
11,1517 dan hasil belajar matematika siswa kelas IVb yang diberikan bimbingan
belajar dengan menggunakan empat tanda operasional matematika berada dalam
kategori baik dengan nilai rata-rata 75,5405, median 70, modus 70 dan didukung
oleh standar deviasi 11,3519. Sedangkan hasil statistik inferensial diperoleh thitung >
ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika
siswa kelas IVa yang tidak diberikan dan siswa kelas IVb yang diberikan bimbingan
belajar dengan menggunakan empat tanda operasional matematika’’.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 Jun 2023 07:05
Last Modified: 15 Jun 2023 07:05
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6671

Actions (login required)

View Item View Item