Pratiwi, Tri (2013) DESKRIPSI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA ( SUATU STUDI KASUS DI KELAS Va DAN Vb SDN 92 KARETAN). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Tri Pratiwi.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
TRI PRATIWI,. 2013. Deskripsi Prestasi Belajar Matematika Siswa (Suatu Studi
Kasus Di Kelas Va dan Vb SDN 92 Karetan) . Skripsi. Program Studi
Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah. Sekolah Tinggi Agama Islam
Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing (I). Drs. M.Amir Mula, M.Pd.I.
Pembimbing (II). Nursupiamin, S.Pd., M.Si.
Kata Kunci: Deskripsi Belajar, Prestasi Belajar Matematika
Skripsi ini membahas tentang deskripsi prestasi belajar matematika
merupakan studi kasus di kelas Va dan Vb SDN 92 Karetan. Adapun tujuan skripsi
ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa kelas Va dan Vb SDN
92 karetan dan untuk mengetahui deskripsi perbedaan prestasi belajar antara siswa
kelas Va dan Vb SDN 92 Karetan.
Penelitian ini adalah penelitian Ex-Post Facto. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh Siswa kelas V SDN 92 Karetan tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri
dari 2 kelas dan berjumlah sebanyak 56 siswa.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa deskripsi prestasi belajar
matematika siswa kelas Va SDN 92 Karetan menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa
adalah 68,1786 dari skor ideal 100. Jika dikelompokkan kedalam lima kategori maka
prestasi belajar matematika siswa kelas Va SDN 92 Karetan berada kategori sedang.
Sedangkan deskripsi prestasi belajar matematika siswa kelas Vb SDN 92 Karetan
menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa adalah 66,8214 dari skor ideal 100. Jika
dikelompokkan kedalam lima kategori maka prestasi belajar matematika siswa kelas
Vb SDN 92 Karetan berada kategori sedang. Sehingga hasil analisis deskripsi
menunjukan tidak adanya perbedaan terlalu besar antara prestasi belajar matematika
siswa kelas Va dan Vb SDN 92 Karetan. Sedangkan berdasarkan hasil observasi,
aktivitas siswa kelas Va yang memiliki perhatian yang besar terhadap matematika
ada 60% sisanya hanya memiliki perhatian yang sedang. Sedangkan pada kelas Vb
ada 40% siswa yang memiliki perhatian yang besar terhadap pelajaran matematika
sisanya memiliki perhatian yang sedang.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat memberikan gambaran bahwa dalam
menghasilkan prestasi yang memuaskan memerlukan kerjasama dari berbagai pihak
terkait, yaitu siswa, orang tua, guru, sekolah, maupun pemerintah. Selain itu faktor�faktor yang mempengaruhi juga harus diperhatikan untuk mendukung ketercapaian
siswa dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 07:08 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 07:08 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6673 |
Actions (login required)
View Item |