KORELASI ANTARA PEMAHAMAN AGAMA ISLAM DAN PRETASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA ANGKATAN KEDUA STAIN PALOPO

Yusman, Yusman (2013) KORELASI ANTARA PEMAHAMAN AGAMA ISLAM DAN PRETASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA ANGKATAN KEDUA STAIN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Yusman.pdf] Text
Yusman.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Yusman,. 2013. Korelasi Antara Pemahaman Agama Islam dan Prestasi belajar
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Angkatan Kedua
STAIN Palopo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan
Tarbiyah. Pembimbing (I) Drs. Syamsu Sanusi, M.Pd.I., Pembimbing (II)
Nursupiamin S.Pd.,M.Si.
Kata Kunci: Korelasi, Pemahaman Agama Islam, Prestasi Belajar
Skripsi ini membahas tentang ada tidaknya korelasi antara pemahaman
agama Islam dan prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Angkatan
Kedua STAIN Palopo.
Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh mahasiswa angkatan kedua Prodi Pendidikan Matematika STAIN
Palopo yang berjumlah 76 orang. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh anggota
populasi yaitu 76 orang. Dengan menggunakan instrumen tes pemahaman agama
Islam dengan dokumentasi nilai prestasi belajar mahasiswa. Dimana tes sebelum
disebarkan ke objek penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas tes.
Hasil uji instrument menunjukkan 13 soal yang valid dari 20 soal yang diberikan.
Data pemahaman agama Islam dan prestasi belajar dianalisis dengan menggunakan
analisis deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa yaitu (1) hasil statistik deskriptif
pemahaman agama islam diperoleh bahwa skor rata-rata pemahaman agama Islam
adalah 67,3077 berada dalam kategori tinggi dengan standar deviasi 14.1072, skor
maksimum dicapai sebesar 100 dan skor minimum sebesar 46.15. Sedangkan hasil
statistik deskriptif pretasi belajar mahasiswa diperoleh bahwa skor rata-rata prestasi
belajar mahasiswa adalah 70,7834 berada dalam kategori tinggi dengan standar
deviasi 10,9778, skor maksimum dicapai sebesar 99,38 dan skor minimum sebesar
53,55. (2) hasil statistik inferensial diperoleh bahwa untuk uji normalitas, nilai
skewness dan kurtosis terletak diantara (-2) sampai (+2), maka data pemahaman
agama Islam dan prestasi belajar mahasiswa berdistribusi normal. Selanjutnya uji
hipotesis menunjukkan adanya korelasi (hubungan) yang signifikan antara
pemahaman agama Islam dengan prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan
Matematika Angkatan Kedua STAIN Palopo. Hal ini terlihat pada nilai r =0,989 dan
jika diinterpretasikan dengan table interpretasi koefisien korelasi nilai r, maka
hubungannya sangat kuat. Oleh karena itu, hasil penelitian ini sejalan dengan teori�teori yang menunjukkan keterkaitan antara Islam dan Matematik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 Jun 2023 07:24
Last Modified: 15 Jun 2023 07:24
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6678

Actions (login required)

View Item View Item