STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK JIPANG DI KELURAHAN TOMONI KABUPATEN LUWU TIMUR

FATMAWATI, FATMAWATI (2023) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK JIPANG DI KELURAHAN TOMONI KABUPATEN LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI FATMAWATI.pdf] Text
SKRIPSI FATMAWATI.pdf

Download (12MB)

Abstract

xxii
Lampiran 3: Kuesioner 118
Lampiran 4: Hasil Kuesioner 120
Lampiran 5: Surat Izin Penelitian 126
Lampiran 6: Persetujuan Pembimbing
127
Lampiran 7: Nota Dinas Pembimbing 128
Lampiran 8: Persetujuan Tim Penguji 129
Lampiran 9: Nota Dinas Tim Penguji 130
Lampiran 10: Tim Verifikasi Naskah Skripsi 131
Lampiran 11: Riwayat Hidup 132
ABSTRAK
Fatmawati, 2023. “
Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan
xxiii
Produk Jipang Dikelurahan Tomoni Kabupaten Luwu Timur”.
Skripsi Program Studi Prodi Manajemen Bisnis Syariah Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing Oleh Dr.
Mahadin Shaleh, M. Si.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Pemasaran Dalam
Meningkatkan Penjualan Produk Jipang Dikelurahan Tomoni Kabupaten
Luwu Timur. Penelitian ini mengangkat permasalahan yakni: Bagaimana
strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan penjualan pada produk
jipang. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan teknik
pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Sumber data dalam penelitian ada dua yaitu data primer dan
sekunder. Data primer diambil dari pemilik usaha dan karyawan dengan
cara wawancara dan observasi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari
buku-buku, jurnal dan penelitian terdahulu yang relevan. Instrumen
penelitian dalam penelitian kualitatif adalah peneliti sendiri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemilik usaha menerapkan
teori bauran pemasaran dalam usahanya antara lain yaitu: strategi produk
yaitu dengan memperhatikan kualitas pada produk melalui penjaminan
mutu, ciri khas produk, varian rasa yang bermacam-macam. Strategi harga
yaitu dengan menggunakan harga dasar dengan metode sistem
pembayaran yang dilakukan secara tunai, Harga yang ditetapkan oleh
pemilik usaha terjangkau dan bersaing. Harga yang ditawarkan bervariatif
tergantung jenis produk dan ukuran kemasan produk. Strategi tempat
yaitu dengan memperhatikan unsur-unsur seperti lokasi yang strategis,
Lokasi rumah produksi jipang ini erada di Kelurahan Tomoni Kabupaten
Luwu Timur. Lokasi ini sangat strategis karena padatnya penduduk yang
tinggal didaerah sekitar tempat usaha. Strategi promosi yaitu pemasaran
melalui
word of mouth communication/mulut ke mulut. Terdapat juga
dihasil penelitian yaitu analisis SWOT yang meliputi analisis
internal terdiri
dari kekuatan dan kelemahan usaha terdapat kekuatan, Faktor eksternal
pada terdiri dari peluang dan ancaman
Kata kunci: Penjualan, SWOT, Strategi Pemasaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 650 Bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 16 Jun 2023 00:25
Last Modified: 16 Jun 2023 00:25
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6682

Actions (login required)

View Item View Item