PENINGKATAN PERAN TEKNOLOGI PADA PELAYANAN NASABAH KOPERASI SYARIAH SELAMA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Koperasi Bakti Huria Kota Palopo)

RIKA, RIKA (2022) PENINGKATAN PERAN TEKNOLOGI PADA PELAYANAN NASABAH KOPERASI SYARIAH SELAMA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Koperasi Bakti Huria Kota Palopo). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP RIKA.pdf] Text
SKRIPSI LENGKAP RIKA.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Rika, 2022. “Peningkatan Peran Teknologi Pada Pelayanan Nasabah Koperasi
Syariah Selama Pandemi Covid-19 (Studi Pada Koperasi Bakti Huria Kota
Palopo)”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan
Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh Hendra
Safri, S.E., M.M.
Skripsi penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran
teknologi dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada Koperasi Bakti Huria
kota Palopo diera Pandemi Covid-19 dan bagaimana solusi Koperasi Bakti
Huria kota Palopo dalam melayani nasabah Dimasa Pandemi Covid-19.
Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode
kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan
menggunakan data primer dan sekunder, sumber data primer diambil dari hasil
wawancara para informan penelitian sedangkan sumber data sekunder yang
digunakan adalah dokumentasi dari pemberian atau pengumpulan bukti dan
keterangan seperti gambar dan bahan referensi lainnya sementara teknik analisis
data digunakan adalah analisis kualitatif untuk model analisis interaktif dengan
menggunakan tiga komponen seperti reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pihak KSPPS Bakti Huria
Syariah sudah memberikan pelayanan yang maksimal kepada nasabah, salah
satunya melalui teknologi dengan menggunakan aplikasi U-Mobile dan
Anggotaku dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal karena transaksi
yang dilakukan nasabah dapat dilakukan dimana saja berada tanpa harus datang
langsung ke Kantor (2) Solusi Koperasi Bakti Huria kota Palopo dalam melayani
nasabah dimasa Pandemi Covid-19 adalah melakukan sosialisasi tentang
penggunaan teknologi (Aplikasi U-Mobile dan Anggotaku, terus meupgrade
atau merenovasi mengikuti perkembangan teknologi serta pihak koperasi pun
menampung saran-saran dari para nasabah. Dari segi internal (pihak koperasi)
meningkatkan kualitas SDM dalam meningkatkan kualitas pelayanan nasabah
karena penggunaan teknologi yang semakin canggih oleh penyedia jasa
teknologi. Dan yang terakhir adalah mendapat solusi dari kantor pusat KSPPS
Bakti Huria Syariah pada bagian IT jika ada kendala atau keluhan baik itu dari
pihak koperasi maupun dari pihak nasabah.
Kata Kunci: Koperasi Syariah, Pandemi Covid-19, Pelayanan, Teknologi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 16 Jun 2023 00:31
Last Modified: 16 Jun 2023 00:31
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6683

Actions (login required)

View Item View Item