IRMADANI, IRMADANI (2022) S T R A T E G I P E N D I D I K D A L A M P E M B E N T U K A N M O R A L PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROHANI ISLAM (ROHIS) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 8 LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
skripsi irmadani k 2022.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Irmadani, 2022. “Strategi Pendidik Dalam Pembentukan Moral Peserta Didik
Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam (rohis) di Sekolah Menengah
Atas (SMA) Negeri 8 Luwu Utara”. Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Dibimbing oleh Bapak Dr. H. Muhazzab Said, M.Si dan Bapak Makmur S.Pd.I.,
M.Pd.I.
Skripsi ini membahas mengenai strategi pendidik dalam pembentukan moral
peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler rohani Islam (rohis) di Sekolah
Menengah Atas (SMA) Negeri 8 Luwu Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1.
Mengetahui kondisi moral peserta didik di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri
8 Luwu Utara khususnya saat pandemi covid-19. 2. Mengetahui strategi yang
digunakan para pendidik dalam pembentukan moral peserta didik melalui kegiatan
ekstrakurikuler rohani Islam (rohis) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 8
Luwu Utara. 3. Mengetahui kendala yang dihadapi oleh para pendidik dalam
pembentukan moral peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler rohani Islam
(rohis) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 8 Luwu Utara.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah jenis
penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan
yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pelengkap instrument dalam
penelitian ini berupa pedoman wawancara, alat tulis menulis, handphone, dan
kamera. Data dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, display
(penyajian) data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Kondisi moral peserta didik di
Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 8 Luwu Utara khususnya saat pandemi
covid-19 mengalami penurunan. Hal ini disebabkan penggunaan gadget dan alat
elektronik yang cukup intens sehingga membuat peserta didik menjadi individualis
dan tidak ingin (malas) berinteraksi dengan orang lain. 2. Strategi yang digunakan
pendidik dalam membentuk moral peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler
rohani Islam (rohis) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 8 Luwu Utara adalah
dengan mengadakan kegiatan yang dianggap mampu menarik minat peserta didik
berupa perbaikan bacaan al-Qur’an, memanah, tilawah, dan sholat jum’at
berjamaah di sekolah. 3. Kendala yang dihadapi oleh pendidik dalam pembentukan
moral peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler rohani Islam (rohis) di Sekolah
Menengah Atas (SMA) Negeri 8 Luwu Utara adalah kurangnya kesadaran peserta
didik mengenai pentingnya belajar ilmu agama, kurangnya minat peserta didik,
background pendidikan keluarga mengenai agama masih kurang, serta penggunaan
gadget yang tidak terkontrol oleh peserta didik.
Kata Kunci : Ekstrakurikuler Rohani Islam (rohis), Moral, Pendidik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 06:47 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 06:47 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6730 |
Actions (login required)
View Item |