Mayasari, Nur (2018) STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM BERBASIS EKONOMI KREATIF DI KOTA PALOPO DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Nurmayasari.pdf Download (969kB) |
Abstract
ABSTRAK
Nur Mayasari, 2018 : “ Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif
Di Kota Palopo Dalam Perspektif Ekonomi Islam”. Program Studi
Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Di Bawah
Bimbingan Pembimbing I Tadjuddin, SE.,M.Si.,AK.,CA dan
Pembimbing II Dr. H. Haris Kulle, Lc.,M.Ag.
Kata Kunci : Strategi , UMKM, Ekonomi Kreatif, Prespektif Ekonomi Islam
Dalam Penelitian ini menggambarkan tentang strategi pengembangan yang
dilakukan pelaku UMKM berbasis ekonomi kreatif yang ada di Kota Palopo dengan
melihat perspektif Ekonomi Islam. Dalam pengembangan UMKM ekonomi kreatif
Di kota Palopo banyak hal-hal yang perlu di perhatikan pemerintah Kota Palopo dan
para pelaku usaha itu sendiri sehingga pokok permasalahan yang di angkat membahas
mengenai, Bagaimana gambaran umum UMKM berbasis ekonomi kreatif di Kota
Palopo, bagaimana strategi pengembangan UMKM berbasis ekonomi kreatif di kota
Palopo serta bagaimana pandangan Islam tentang ekonomi kreatif.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan
pendekatan teknik purposive sampling dalam menentukan sampel pada penelitian ini.
Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Gambaran umum UMKM
berbasis ekonomi kreatif di kota Palopo saat ini belum mampu memberikan predikat
khusus bagi kota palopo karena mereka memiliki keterbatasan serta mengalami
permasalahan dalam pengembangan usahanya. Permasalahan yang paling banyak
dialami oleh pelaku UMKM berbasis ekonomi kreatif di kota Palopo yakni
permasalahan pada permodalan. 2) Strategi pengembangan UMKM berbasis ekonomi
kreatif di Kota Palopo yang dilakukan para pelaku UMKM ekonomi kreatif yakni
perlunya sinergi antara para pelaku UMKM, peningkatan kualitas produk dan
pelayanan serta adanya dukungan penuh dari pihak pemerintah, swasta dalam
meningkatkan permodalan. 3) Pandangan Islam terhadap ekonomi kreatif yakni usaha
yang dilandasi dengan kreativitas dan inovasi dengan memperbaruhi sumber daya
alam yang ada degan jalan perdagangan Al-Qur’an dengan jelas disebutkan bahwa
perdagangan atau perniagaan dalam Al-Qur’an telah disebutkan perniagaan
merupakan jalan yang diperintahkan oleh Allah Swt.
Implikasi yaitu UMKM berbasis ekonomi kreatif memerlukan kerja sama dari
berbagai pihak seperti dinas terkait, pihak swasta dan pelaku UMKM lainnya untuk
mencapai kemajuan di dunia usaha serta senantiasa menjaga mutu serta
meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam menghasilkan karya-karya baru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 330 Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 00:13 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 00:13 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6746 |
Actions (login required)
View Item |