PERBANDINGAN PENJUALAN KOSMETIK BERLABEL HALAL DENGAN KOSMETIK TANPA LABEL HALAL PADA PASAR SENTRAL PALOPO

Bambang, Sarmila (2018) PERBANDINGAN PENJUALAN KOSMETIK BERLABEL HALAL DENGAN KOSMETIK TANPA LABEL HALAL PADA PASAR SENTRAL PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Sarmila bambang.pdf] Text
Sarmila bambang.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Sarmila Bambang, 2018 “Perbandingan Penjualan Kosmetik Berlabel Halal Dengan
Kosmetik Tanpa Label Halal Pada Pasar Sentral Palopo”
Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam. Dibimbingoleh Dr. Hj. Ramlah M, MM dan Dr. Muhammad
Tahmid Nur, M.Ag
Kata kunci : Penjualan Kosmetik dan Label Halal
Skripsi ini berjudul “ Perbandingan Penjualan Kosmetik Berlabel Halal Dengan
Kosmetik Tanpa Label Halal Pada Pasar Sentral Palopo” adapun pokok permasalahan
skripsi ini adalah proses penerbitan sertifikat Halal MUI, serta penjualan kosmetik berlabel
halal dan tanpa label halal di Pasar Sentral Palopo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan
kualitatif, yaitu kegiatan penelitian dilakukan di lingkungan masyarakat yang ditunjukkan
untuk mendeskripsikan dan menganalisa fenomena, peristiwa, aktivasi sosial, sikap,
kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Dan penelitian
ini bersumber dari data primer dan data sekunder.
Cara pembuatan sertifikat halal MUI harus melakukan pendaftaran sertifikasi halal
dan memenuhi persyaratan sertifikasi halal. Persyaratannya yaitu: Memahami persyaratan
sertifikasi halal dan mengikuti pelatihan SJH, menerapkan Sistem Jaminan Halal ( SJH ),
menyiapkan dokumen sertifikasi halal, melakukan pendaftaran sertifikasi halal ( upload data),
melakukan monitoring pre audit dan pembayaran akad sertifikasi, pelaksanaan audit,
melakukan monitoring pasca audit, memperoleh sertifikasi halal. Di Pasar Sentral Kota
Palopo kosmetik yang beredar ada yang berlabel halal dan tanpa label halal ini
mengakibatkan konsumen muslim sulit membedakan produk mana yang benar-benar dapat
dikonsumsi menurut syariat Islam. Adapun kecenderungan para konsumen Pasar Sentral
Palopo ada yang tidak terlalu peduli dengan label halal dan ada juga yang peduli label halal
pada sebuah kosmetik, tetapi mengenai dengan faktor ekonomi dan trand maka dari itu
banyak dari mereka memilih produk yang lebih murah yang tidak menguras dompet tapi hasil
cepat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.82 Promosi Pemasaran, Promosi Penjualan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 20 Jun 2023 01:41
Last Modified: 20 Jun 2023 01:41
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6761

Actions (login required)

View Item View Item