PENGARUH PRODUK, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP MINAT UMKM MENGAJUKAN PEMBIAYAAN PADA BANK SYARIAH (Studi Kasus pada UMKM di Padang Sappa)

TUANDA, TUANDA (2022) PENGARUH PRODUK, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP MINAT UMKM MENGAJUKAN PEMBIAYAAN PADA BANK SYARIAH (Studi Kasus pada UMKM di Padang Sappa). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of TUANDA.pdf] Text
TUANDA.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Tuanda, 2022. “Pengaruh Produk, Promosi dan Lokasi terhadap Minat UMKM
Mengajukan Pembiayaan pada Bank Syariah (Studi Kasus pada
UMKM di Padang Sappa)”. Skripsi Program Studi Perbankan
Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Muzayyanah Jabani.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Produk, Promosi dan Lokasi terhadap
Minat UMKM Mengajukan Pembiayaan pada Bank Syariah (Studi Kasus pada
UMKM di Padang Sappa). Penelitian ini bertujuan: Untuk menguji apakah ada
pengaruh produk terhadap minat UMKM mengajukan pembiayaan pada Bank
Syariah; Untuk menguji apakah ada pengaruh promosi terhadap minat UMKM
mengajukan pembiayaan pada Bank Syariah; Untuk menguji apakah ada pengaruh
lokasi terhadap minat UMKM mengajukan pembiayaan pada Bank Syariah;
Untuk menguji apakah ada pengaruh produk, promosi dan lokasi secara bersama�sama terhadap minat UMKM mengajukan pembiayaan pada Bank Syariah. Jenis
penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasinya adalah UMKM
yang ada di Padang Sappa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
acidental sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 100 UMKM. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini melalui pembagian angket/kuesioner.
Selanjutnya, teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis
regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 22. Hasil dari uji hipotesis
produk (X1) diketahui bahwa nilai thitung > ttabel (3,569 > 1,661) dan nilai sig 0,001
< 0,05 maka hipotesis 1 teruji sehingga produk berpengaruh terhadap minat
UMKM. Pada uji hipotesis promosi (X2) nilai thitung > ttabel (2,439 > 1,661) dan
nilai sig 0,017 > 0,05 maka hipotesis 1 teruji sehingga promosi berpengaruh tapi
tidak signifikan terhadap minat UMKM. Kemudian pada uji hipotesis lokasi (X3)
thitung > ttabel (3,278 > 1,661) dan nilai sig 0,001 < 0,05 maka hipotesis 1 teruji
sehingga lokasi berpengaruh terhadap minat UMKM. Adapun hasil pengujian
secara simultan atau uji f, diperoleh nilai fhitung sebesar 64,134 serta ftabel sebesar
2,699 sehingga dapat dilihat bahwa fhitung > ftabel (64,134 > 2,699), diketahui nilai
signifikan (0,000 < 0,05) dan hasil menunjukkan H0 ditolak serta H1 diterima.
Maka disimpulkan bahwa variabel produk (X1), promosi (X2) dan lokasi (X3)
secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat UMKM
(Y) mengajukan pembiayaan pada Bank Syariah.
Kata Kunci: Lokasi, Minat, Produk, Promosi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 20 Jun 2023 01:57
Last Modified: 20 Jun 2023 01:57
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6764

Actions (login required)

View Item View Item