Widyastuti, Widyastuti (2018) TINGKAT KUALITAS PELAYANAN LABORATORIUM KEWIRAUSAHAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Widyastuti.pdf Download (921kB) |
Abstract
Nama : Widyastuti
NIM : 14.16.4.0140
Judul Skripsi : Tingkat Kualitas Pelayanan Laboratorium Kewirausahaan
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Palopo.
ABSTRAK
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) merupakan salah satu fakultas
yang ada di IAIN Palopo. Untuk menciptakan alumni-alumni yang berkualitas dan
untuk mengurangi tingkat pengangguran nantinya salah satu strategi yang diterapkan
di fakultas ini dengan mendirikan sebuah laboratorium kewirausahaan yang diberi
nama The Cafe Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam atau biasa juga disebut sebagai
DC FEBI. Laboratorium kewirausahaan merupakan laboratorium kewirausahaan
yang menampung berbagai macam produk mahasiswa yang siap untuk dipasarkan
atau dijual. Dalam menawarkan produknya DC FEBI harus memberikan pelayanan
yang baik agar pelanggan tertarik. Pentingnya pelayanan yang baik sangat
memberikan pengaruh kepada pelanggan karena pelayanan merupakan citra pertama
yang dinilai, dan tanpa pelayanan yang baik tentu akan mempengaruhi persepsi dan
kepuasan pelanggan. Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah bagaimana
tingkat kualitas pelayanan Laboratorium Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam IAIN Palopo. Penelitian ini bertujuan Untuk untuk mengetahui
bagaimana tingkat kualitas pelayanan Laboratorium Kewirausahaan Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah mahasiswa FEBI IAIN Palopo berjumlah 1880 mahasiswa.
Sampel dari penelitian ini yaitu sebagian dari mahasiswa FEBI IAIN Palopo
berjumlah 95 mahasiswa. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan
penelitian ini berupa non probability sampling, yaitu teknik pengambilan sampel
yang tidak memberikan kesempatan (peluang) pada setiap anggota populasi untuk
dijadikan anggota sampel. Dalam teknik ini peneliti menggunakan purposive
sampling, merupakan metode penetapan responden untuk dijadikan sampel
berdasarkan pada kriteria-kriteria tertentu. Adapun kriteria-kriteria tersebut yaitu
mahasiswa FEBI yang pernah berbelanja di laboratorium kewirausahaan FEBI.
Berdasarkan hasil penelitian maka penulis dapat menyimpulkan bahwa tingkat
kualitas pelayanan laboratorium kewirausahaan FEBI tidak baik . Hal itu dapat dilihat
dari jumlah rata-rata seluruh item pertanyaan yaitu 260,68 dengan rata rata jawaban
2,74.
Kata Kunci: Kualitas pelayanan, laboratorium kewirausahaan FEBI
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 620.004 Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 02:52 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 02:52 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6774 |
Actions (login required)
View Item |